Samarinda (ANTARA News Kalti,) - Kantor Administrator Pelabuhan Samarinda, akan menambah satu kapal sebagai cadangan untuk melayani pelayaran pada mudik Lebaran 2012.

"Pada Rabu (15/8) kami akan menambah satu unit kapal yakni KM Cattleya yang biasaya melayani rute pelayaran dari Kabupaten Nunukan menuju Parepare, Sulawesi Selatan," ungkap Kepala Seksi Gangguan dan Keselamatan (Kasi Gamat) Kantor Administrator Pelabuhan Samarinda, Rustam Marusang, Minggu.

KM Cattleya lanjut Rustam Marusang akan membantu KM Queen Soya jika penumpang arus mudik pada Rabu (15/8) membludak.

"Jika pada Rabu (15/8) jumlah penumpang membludak dan tidak bisa ditampung KM Queen Soya maka akan dialihkan ke kapal cadangan yakni KM Cattleya," kata Rustam Marusang.

Jalur pelayaran reguler Samarinda menuju Parepare kata Rusman Marusang dilayani tiga kapal, yakni KM. Prince Soya, KM Queen Soya serta kapal milik PT Pelni KM Binaiyya.

Puncak arus mudik di Pelabuhan Samarinda kata dia diprediksi berlangsung hari ini dan pada Rabu (15/8).

"Kalau melihat jumlah penumpang, hari ini (Minggu) bisa dikatakan sebagai puncak arus mudik dan kemungkinan juga akan berlangsung pada Rabu (15/8). Namun, kemungkinan penumpang masih banyak pada Jumat (17/8) namun tidak sebanyak pada Rabu," ungkap Rustam Marusang.

Kasi Gamat Kantor Adpel Samarinda itu mengaku belum bisa memprediksi apakah terjadi lnjakan penumpang arus mudik 2012 dibanding tahun sebelumnya.

"Bisa dikatakan, hari ini merupakan awal dari arus mudik sehingga kami belum bisa memprediksi apakah ada peningkatan atau tidak. Tetapi, jika melihat dari kondisi hari ini (MinggU) jumlah penumpang atau tingkat keramaian lebih banyak dibanding H-7 Idul Fitri tahun lalu," kata Rustam Marusang.

Pada H-7 atauh tujuh hari sebelum Idul Fitri arus mudik di Pelabuhan Samarinda terdapat 1.988 penumpang yang menggunakan KM Prince soya dengan tujuan Parepare.

Jadwal pelayaran arus mudik di Pelabuhan Samarinda dengan tujuan Parepare, Sulawesi Selatan selanjutnya akan berlangsung pada Rabu (15/8) dengan menggunakan KM Queen Soya dan KM Cattleya serta pada Jumat (17/8) yang akan menggunakan KM Prince Soya.*

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012