Sangatta (ANTARA News Kaltim) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur akan mengoperasikan puluhan kapal kelotok berkapasitas ratusan penumpang dan speedboat berkapasitas puluhan penumpang untuk angkutan penumpang di tiga kecamatan wilayah pesisir.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Timur, Drs. H. Johansyah Ibrahim, di kecamatan tersebut masing-masing Sangkulirang, Karangan dan Kecamatan Sandaran akan disediakan 68 kendaraan laut kapal kelotok dan speedboat.

"Kami sudah menyediakan 68 kapal dengan rincian 38 unit kapal kelotok yang mampu mengangkut seratusan warga dan speedboat berpenumpang 12 orang sebanyak 30 unit," kata H. Johansyah Ibrahim.

Johansyah Ibrahim mengatakan, 30 unit speedboat khusus melayani warga di beberapa desa di kecamatan Sandaran, sepeti Mandu Dalam, Mandu Luar, Manubar, karena jaraknya jauh dan kerap terjadi gelombang dan angin kencang mendadak seperti sekarang ini.

Dikatakan Johansyah Ibrahim, selain melayani pemudik lebaran bagi warga pesisir, Pemkab Kutai Timur juga melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, juga akan disediakan transportasi darat seperti kendaraan jenis bus.

husus untuk mudik lebaran antara Sangatta dengan Samarinda akan disediakan 20 unit bus jenis bus dari 38 unit bus yang ada. Itu karena kondisi beberapa bus kurang layak digunakan sebagai angkutan lebaran.

Sedangkan Sangatta - Sangkulirang akan dilayani 30 unit taksi dan Rantau Pulung Sangatta terdapat 12 unit kendaraan taksi.

Sedangkan untuk wilayah pedalaman seperti Busang, Long Masengat dan Muara Bengkal sekitarnya, maupun dari Batu Ampar dan Telen hingga saat ini belum dipastikan, karena kondisi infrastrukrur jalan yang belum mulus.

"Kami sudah menginstruksikan para pengusaha angkutan agar menyiapkan kendaraannya dengan sebaik-baiknya, termasuk peralatan safety (keselamatan) sehingga tidak menghambat warga yang ingin mudik lebaran, kata dia,rabu.

Pihaknya pun menjamin tidak ada kekurangan kendaraan karena sudah melakukan inventarisasi dan pendataan jumlah kendaraan maupun kebutuhan selama berlebaran. (*)


Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012