Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Timur H Musyahrim mengatakan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang sedang dibangun di Balikpapan, ke depan bakal menjadi kebanggaan bagi Provinsi Kaltim, bahkan untuk wilayah Kalimantan.

"Rencananya pada 2013 Kampus ITK akan selesai dan dapat difungsikan, sedangkan saat ini ITK sudah mulai menerima mahasiswa baru yang kuliahnya akan dititipkan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya," ujar Kadisdik Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Rabu.

Jika pada 2013 ITK yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta kilometer 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan itu, dapat difungsikan, maka para mahasiswa angkatan pertama yang belajar di ITS Surabaya itu akan diboyong ke Balikpapan.

Seiring dengan ITK yang akan menjadi kebanggaan warga Kalimantan, maka dia berharap kepada siswa SMA atau SMK kelas 1 hingga kelas 3, mulai saat ini untuk mempersiapkan diri agar dapat diterima di ITK Balikpapan.

Mahasiswa ITK bukan hanya untuk para siswa lulusan SMA di Kaltim, tetapi juga bagi seluruh warga yang berdomisili di Pulau Kalimantan.

Pada angkatan pertama, lanjut Musyahrim yang juga Ketua PGRI Kaltim tersebut, ITK hanya mampu menampung 100 mahasiswa baru, karena harus disesuaikan dengan fasilitas maupun daya tampung lokal belajar yang ada.

100 mahasiswa tersebut terbagi menjadi lima program studi, yakni sebanyak 20 mahasiswa diterima di jurusan Teknik Mesin, 20 mahasiswa untuk jurusan Teknik Elektro, 20 mahasiswa untuk jurusan Teknik Kimia, dan 20 mahasiswa lagi untuk jurusan Teknik Perkapalan.

Syarat pendaftaran adalah para lulusan SMA/MA/SMK jurusan eksata tahun 2010, 2011, dan 2012, berasal dari Kalimantan, dan tidak buta warna khusus bagi pilihan jurusan Teknik Kimia.

Sedangkan ujian masuk dilakukan di Balikpapan pada 14 Juli 2012 dengan materi yang diujikan adalah matematika 40 soal, fisika 40 soal, dan Bahasa Inggris 20 soal.

Pengumuman dilakukan melalui online di website yang sama pada 19 Juli. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus harus melakukan daftar ulang pada 30 Juli hingga 2 Agustus 2012 di Badan Akademik ITS.

ITK di Balikpapan ini dibangun dengan total biaya sekitar Rp55 miliar dari APBN yang ditargetkan tuntas pada 2013 untuk lima kelas, yakni masing-masing jurusan terdapat satu kelas.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012