Gubernur Kaltim, Isran Noor meresmikan pengoperasian tiga unit layanan medis Hemodialisa, Microbiology dan CT Scan 128 Slice pada Rumah Sakit Umum Daerah dr  Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, Rabu (1/7).
 

"Mudah mudahan bermanfaat dengan dioperasikannya tiga unit layanan medis di RSUD Kanujoso Djatiwibowo dan pelayanan diharapkan semakin baik, " ujar Isran Noor.

Pada kesempatan itu dia juga mengaku bersyukur perusahaan yang mengelola SDA Kaltim sudah banyak menunjukan kepedulian ikut membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan COVID-19.

Lanjut dia termasuk sejumlah perusahaan yang hadir pada kegiatan peresmian pengoperasian peralatan medis di antaranya perusahaan Sinar Roda Utama yang memberikan bantuan alat cusi darah pada unit Hemodialisa.

"Bersyukur Sinar Roda Utama memberi bantuan alat cuci darah, sehingga bisa berikan layanan lebih maksimal dengan 50 unit alat cuci darah. Bayangkan mereka bersedia membantu menyediakan alat ini dengan harga mahal, " katanya.

Selain perusahaan  Sinar Roda Utama juga perusahaan Bukit Baiduri Energi yang memberikan bantuan 100 ribu masker medis yang akan dikelola Dinas Kesehatan Kaltim dan Badan Penanggulangan Bencana Kaltim sebagai Gugus Tugas untuk diberikan ke unit pelayanan kesehatan pelayanan COVID-19 di Kaltim.

Sementara Direktur RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, Edi Iskandar. mengungkapkan unit Hemodialisa yang diresmikan akan memiliki 50 alat cuci darah dari awalnya hanya 15 mesin.

"Yang mendasari kita berinisiatif menyiapkan tempat khusus karena unit layanan yang ada sudah overload, sehingga harus menolak pasien cuci darah dan dirujuk ke RS lain. Dengan banyaknya alat yang dimiliki rumah sakit Kanujoso Djatiwibowo  diharap semua bisa terlayani, " katanya.

Ia menjelaskan alat Microbiology tadinya sederhana sebelum COVID-19, tapi sejak COVID-19 harus sediakan bio savety level 2 untuk dapat layani PCR sehingga harus disesuaikan. Sebagai penunjang RSKD sudah siapkan tambahan alat PCR berbasis reagen melengkapi yang sudah ada model catride.

"Sedangkan CT Scan 128 Slice nantinya menjadi terbaik di Balikpapan melengkapi CT Scan 16 slice yang sebelumnya sudah dimiliki.Ini  berkat dukungan Bapak Gubernur  yang dibeli menggunakan anggaran APBD Kaltim, " sebutnya.

Nampak hadir pada acara peresmian Walikota Balikpapan Rizal Efendi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim Moh Jauhar Efendi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak, Plt Kepala Bappeda Kaltim Iman Hidayat, Kepala BPKAD M Saduddin, Kepala Biro Kesra Setprov Kaltim Elto, Direktur Sinar Roda Himawan, dan direksi Bukit Baiduri Energi.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020