Bontang (ANTARA News Kaltim) - Koperasi Serba Usaha (KSU) Berkah Bersama Kota Bontang Kalimantan Timur memberdayakan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) terbaik dengan memberikan pelatihan sebelum diangkat sebagai karyawan.

"Sebanyak 10 orang dari SMK YKPP sejak dua pekan lalu telah memasuki masa training selama tiga bulan sebelum diangkat sebagai karyawan. Ini adalah wujud komitmen Halal Group dalam menyerap lulusan SMK lokal," kata Manajer KSU Berkah Bersama Bontang, Rini Saliyati, di Bontang, Minggu.

Rini berharap kesepuluh siswa alumni SMK YKPP adalah pilihan terbaik dari sejumlah lulusan yang dihasilkan pada tahun ajaran 2012/2013. Merela diharapkan lolos dalam training rekrutmen karyawan baru KSU Berkah Bersama.

"Kemungkinan dari peserta training calon karyawan baru ini ada yang gugur, walau harapan saya mereka akan lulus semua selama training," kata Rini.

Dia sampaikan pasca training mereka akan ditempatkan di KSU Berkah Bersama sesuai kebutuhan yakni Bontang sendiri, Handil Kutai Kertanegara, Kutai Timur, dan Samarinda.

"KSU Berkah Bersama atau yang dulu memiliki nama KSU Etam Mandiri sebagai salah satu sindikasi Halal Group hingga sekarang tetap menunjukkan komitmennya dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi lulusan SMK lokal Bontang (SMK YKPP) seperti rekrutmen karyawan tahun ini," kata Rini Saliyati.

Dan hal ini akan tetap dilanjutkan untuk masa-masa mendatang termasuk menyerap lulusan SMK lainnya sesuai kebijakan Halal Group dalam alokasi penyerapan lulusan lokal sebagai upaya membantu pemerintah menyediakan lapangan kerja. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012