Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan melakukan semenisasi pada 540 ruas jalan dan gang.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Kota Samarinda Hero Mardanus kepada Wartawan, Jumat, menyatakan proyek semenisasi jalan dan gang itu secara fisik dijadwalkan dimulai pada Agustus 2012.

"Proyek semenisasi 540 ruas jalan dan gang itu saat ini masih dalam proses lelang dan pada Agustus 2012 mulai dilaksanakan pengerjaan," ungkap Hero Mardanus.

Pengerjaan fisik baru bisa dilaksanakan pada Agustus sebab Daftar Pengguna Anggaran (DPA) baru selesai pada awal Februari sehingga lelang perencanaan baru bisa dilakukan pada Maret hingga April 2012 kemudian dilanjutkan dengan Kontrak perencanaan selanjutnya ke tahap lelang fisik dan pengawasan pada Juni dan Juli.

"Prosesnya memang cukup panjang namun kami optimistis, realisasi pengerjaannya yakni pada awal Agustus 2012 dapat terlaksana," kata Hero Mardanus.

Proyek semenisasi jalan dan gang itu lanjut Hero Mardanus akan menelan biaya Rp96 miliar, dengan rincian Rp42 miliar bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Samarinda sementara Rp54 miliar merupakan Subsidi dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

Dikatakannya, proyek semenisasi 540 ruas jalan dan gang itu merupakan komitmen Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang bersama wakil wali kota, Nusyirwan Ismail dalam menata jalan lingkungan di daerah itu.

"Proyek perbaikan jalan lingkungan ini merupakan komitmen pak Syaharie Jaang dan Nusyirwan Ismail dalam memenuhi janjinya menata jalan lingkungan di Kota Samarinda," katanya.

"Komitmen perbaikan 540 ruas jalan dan gang itu merupakan program semenisasi 1.000 gang atau jalan yang telah dicanankan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda hingga 2013. Melihat progres yang ada saat ini, kami optimistis semenisasi 1.000 jalan lingkungan itu akan terealisasi tepat waktu yakni pada 2013," ungkap Hero Mardanus.

Berdasarkan pantauan, proyek semenisasi di sejumlah gang di Samarinda hingga saat ini masih terus berjalan.

Terakhir, proyek semenisasi gang di Jalan dr. Sutomo sepanjang 100 meter.

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012