Dinas Perikanan  Kabupaten Paser pada tahun anggaran 2020  mengusulkan dua program kepada Pemerintah Provinsi  Kaltim yakni pengembangan di sektor perikanan budidaya dan perikanan tangkap.


“Dua usulan program  tersebut perlu mendapat dukungan pendanaan untuk kegiatan perikanan," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser, Sadaruddin  saat  mengikuti rapat dengan Pemerintah Provinsi melalui video conference di Kantor Kominfo.

Ia menyebutkan program tersebut berupa perbaikan perikanan tangkap, kegiatan dan program budi daya dan peningkatan daya saing produk.

Untuk bidang tangkap pihaknya mengusulkan pelatihan kepada nelayan, pengadaan badan perahu, peralatan tangkap ikan, hingga pengadaan mesin kapal 9 PK. Dengan  bantuan pemerintah Provinsi Kaltim  dia yakin akan meningkatkan produksi perikanan dan akan meningkatkan pendapatan para nelayan.

"Kegiatan perikanan diharapkan dapat menompang perekonomian daerah,’” ungkapnya.

Lanjut Sadaruddin Dinas Perikanan Paser juga akan memprioritaskan pemanfaatan lahan-lahan kosong untuk budidaya perikanan.  Sebelumnya beberapa kegiatan juga sudah dilakukan  seperti budidaya benur, pembukaan kolam ikan tambak, pembangunan dan perbaikan tambak.

"Sebelum pandemi COVID-19 Dinas Perikanan Paser telah melakukan budidaya ikan kakap putih di perairan Pondong sebanyak 600 bibit dengan metode keramba apung," katanya.

Dia juga berharap dengan program yang sudah dilakukan  Dinas Perikanan, akan dapat membangkitkan semangat petambak sehingga ekonomi masyarakat lebih baikmembaik. (Adv/MC Kominfo Paser)


 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020