Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu, Kaltim melakukan penyuluhan ke masyarakat melalui radio, tentang cara yang dilakukan untuk mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), termasuk penyuluhan tentang berperilaku hidup bersih dan sehat.


"Radio Kesehatan ini kami beri nama TGC-FM atau Team Ganyang Corona. Radio ini masih rintisan sebagai bentuk antisipasi karena saat ini tidak direkomendasikan menggelar penyuluhan massal atau dengan tatap muka," ujar Kepala Dinkes Mahakam Ulu Agustinus Teguh Santoso di Ujoh Bilang, Minggu.

Untuk sementara, jam siar pada radio ini masih terbatas, yakni mulai pukul 16.00 hingga pukul 21.00 waktu setempat, namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang akan ditambah jam siarnya, baik penambahan jam siar saat siang maupun di malam harinya.

Kehadiran radio ini diharapkan mampu mewarnai sejumlah informasi bagi masyarakat, terutama tentang informasi yang dapat dipercaya mengenai permasalahan dan penanggulangan COVID-19 di Mahakam Ulu, sehingga hal ini juga bisa menjadi rujukan jika ada informasi yang simpang siur mengenai kesehatan.

Ia juga mengaku telah menyiapkan sejumlah program untuk menambah daya tarik pendengar, seperti menghadirkan beberapa narasumber baik dokter, pejabat publik, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, maupun pihak lain yang terkait dengan penanganan virus corona, bahkan terkait kesehatan yang lain.

Pendengar, katanya lagi, bisa melakukan interaksi langsung melalui sambungan handphone ketika dilakukan interaktif dengan narasumber, sehingga pendengar bisa menanyakan apa saja yang ingin diketahui terkait pencegahan maupun permasalahan dalam COVID-19.

Dari adanya programa yang disajikan, ia berharap masyarakat lebih betah di rumah, khususnya pada sore dan malam hari karena melalui radio ini akan memberikan berbagai informasi terpercaya, bahkan ada hiburan berbagai jenis lagu antara lain lagu daerah, pop, dangdut dan lainnya.

"Pendengar juga bisa pesan lagu yang disukai. Kalau ada yang suka dengar lagu daerah, boleh pesan, begitu pula dengan lagu yang lain. Kami akan hibur masyarakat lewat lagi dan berbagai informasi penting seputar kesehatan. Tetaplah di rumah, biar kami yang hadir lewat radio," ujar Teguh.

Meski ada hiburan yang diberikan, lanjutnya, namun menu utama yang disajikan dalam siaran ini adalah tetap memberikan edukasi ke masyarakat, termasuk informasi mengenai penanggulangan pandemi dan apa saja kebijakan oleh pemerintah untuk mengatasi COVID-19.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020