Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur memberikan jaminan kesehatan kepada para tenaga kerja kontrak daerah (TK2D) melalui BPJS Kesehatan.


Bupati Kutai Timur Ismunandar di Sangatta, Selasa, menyerahkan secara simbolis jaminan kesehatan berupa Kartu Indonesia Sehat itu kepada tiga perwakilan TK2D Pemkab Kutai Timur.

"Alhamdulillah, jaminan kesehatan untuk seluruh TK2D yang ada di Kutim (Kutai Timur) telah kita serahkan. Kartu Indonesia Sehat ini bisa digunakan sebagai jaminan untuk berobat," katanya.

Ia mengatakan jaminan kesehatan itu bagi semua TK2D pemkab setempat yang jumlahnya 6.900 orang.

Dengan adanya jaminan tersebut, Ismu berharap, meringankan beban para tenaga kerjanya demi pelayanan kesehatan yang berhak mereka dapatkan.

Selain jaminan kesehatan, orang nomor satu di Kutai Timur itu, memastikan bahwa TK2D mendapat tambaha  Rp250 ribu selama tiga bulan, mulai Maret, April, dan Mei akibat pandemi COVID-19.

"Dana tambahan itu ditransfer bersamaan dengan gaji mereka di rekening masing-masing," katanya.

Kabag Umum Sekretariat Daerah Pemkab Kutai Timur Teddy Febrian mengatakan Kartu Indonesia Sehat yang telah diserahkan bupati setempat itu sebagai jaminan kesehatan untuk semua TK2D di daerah tersebut.

"Mudah-mudahan dapat membantu meringankan beban saudara-saudara (TK2D, red.) kita, dan biaya iurannya ditanggung pemerintah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (subsidi pemerintah, red.),"ucapnya.

Ia menjelaskan Kartu Indonesia Sehat akan didistribusikan langsung ke masing-masing organisasi perangkat daerah, sedangkan penyerahannya langsung oleh kepala OPD atau perwakilan instansi mereka.

Penyerahan jaminan kesehatan tersebut disaksikan Sekretaris Daerah Irawansyah, Kepala Bapenda Musyaffa, Kepala Bappeda Edward Azran, serta Kabag Prorokol dan Komunikasi Pimpinan Iman Sujono Lutfi.

Perwakilan TK2D Kutai Timur Sadam mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena perhatian melalui program asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan, untuk seluruh TK2D pemkab setempat.

"Terima kasih Pemkab Kutim dan terima kasih Pak Bupati telah merealisasikan jaminan kesehatan untuk kami semua," ucapnya.

Pewarta: Wardi Kutim/Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020