Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang (Macab) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, turut mencegah dan menangkal penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di desa-desa pada kawasan perbatasan negara antara RI-Malaysia.

"Sejak pekan ketiga Maret, anggota LMP Macab Mahulu sudah menjadi relawan Tim Gerak Cepat (TGC) untuk mencegah dan menangkal penyebaran COVID-19 bersama-sama dengan Pemkab Mahulu," ujar Ketua LMP Macab Kabupaten Mahulu Hendrikus Keling di Ujoh Bilang, Rabu.

Ia menuturkan bahwa teman-teman LMP  hingga kini tetap semangat, bahkan seolah semangat tersebut tidak pernah padam untuk membantu masyarakat dan pemerintah, agar warga di kawasan perbatasan negara antara RI dengan Malaysia ini tidak tertular virus corona.

Hendrikus Keling yang juga Ketua Komisi III DPRD Mahakam Ulu ini bukan hanya menerjunkan anggota LMP untuk jadi relawan, tapi pihaknya juga menyumbangkan sejumlah keperluan untuk pencegahan virus tersebut, di antaranya adalah menyumbang sebanyak 24 unit sprayer berikut cairan disinfektan.

Bantuan tersebut ia serahkan langsung kepada Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, kemudian dilanjutkan dengan penyemprotan massal yang pertama kali di Kampung Ujoh Bilang pada pekan lalu, dilanjutkan penyemprotan pada rumah-rumah orang dalam pemantauan (ODP).

"Selanjutnya, kami juga melakukan penyemprotan di Kampung Long Bagun Ulu, Kampung Long Bagun Ilir dan sekitarnya. Di kesempatan lain, kami juga menyumbangkan hand sanitizer untuk TGC Kabupaten Mahulu sebanyak 40 liter," katanya.

Ia bersama tim juga mengunjungi beberapa pos penjagaan yang menjadi pergerakan masyarakat baik yang masuk maupun yang mau ke luar, yakni diberikan pemahaman tentang pola hidup bersih dan sehat, disiapkan tempat cuci tangan, dan diminta selalu waspada terhadap penyebaran virus corona, seperti menjaga jarak dan selalu memakai masker.

Sedangkan bagi relawan, ia memberikan bantuan suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh seperti kue, vitamin, susu dan lainnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian sekaligus memberikan semangat bagi tim di garis depan dalam upaya melawan virus corona.

"Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dedikasi teman-teman yang selalu memiliki semangat luar biasa. Teman-teman relawan ini dalam berkarya berada satu tim dengan Dinas Kesehatan, TNI dan Polri. Ini semua demi keamanan dan untuk menjaga kesehatan masyarakat Mahulu," katanya. *

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020