Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meminta semua kepala daerah di wilayah Kalimantan Timur memanfaatkan semua potensi yang ada di wilayah itu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Permintaan Mendagri tersebut disampaikan saat bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak serta para bupati/wali kota di Kaltim bertemu dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat di Balikpapan, Senin (28/5) malam.

Dalam acara yang juga dihadiri Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari itu, Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan bahwa kepala daerah yang paling tahu tentang kondisi daerahnya, termasuk mengenai potensi-potensi yang dapat meningkatkan perekonomian daerahnya masing-masing.

"Maka kepala daerah harus menjalankan kewenangan sebaik-baiknya, dengan memanfaatkan potensi yang ada dengan tujuan utama untuk menyejahterakan masyarakat," pesannya kepada para kepala daerah se-Kaltim yang hadir apada acara tersebut.

Mendagri juga berpesan agar semua elemen masyarakat termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat di Kaltim, agar mendukung usaha pembangunan daerah, dengan terus menciptakan kerukunan. Sehingga, menurutnya dengan kondisi yang aman dan kondusif, pembangunan akan lebih mudah terlaksana.

Gamawan juga mengapresiasi kondisi kemanan Kaltim yang kondusif, karena jika terjadi pertikaian pemerintah daerah maupun tokoh-tokoh masyarakat dapat segera mengatasinya sehingga tidak sempat menimbulkan kekacauan.

"Cara menjaga kerukunan di Kaltim ini, saya kira bisa dipakai untuk daerah-daerah lainnya di Indonesia," ujarnya yang disambut tepuk tangan yang hadir pada acara tersebut.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyampaikan beberapa agenda yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Kaltim di antaranya menciptakan Kaltim yang aman, nyaman dan demokratis, didukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Selanjutnya, kata Gubernur, juga dilaksanakan peningkatan ekonomi yang berdaya saing dan pro rakyat, serta peningkatan sumber daya manusia.

"Kami namakan program ini dengan `Membangun Kaltim untuk Semua`, yang ujung-ujungnya bertujuan untuk menyejahterakan rakyat," ujarnya.

Gubernur juga berterimakasih kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat di Kaltim yang telah mendukung pembangunan dengan menjaga kerukunan.

Dalam acara yang berlangsung akarab dan santai tersebut, didahului dengan santap malam bersama, dan di penghujung acara Mendagri dan Gubernur sempat memperdengarkan suara merdunya dengan masing-masing membawakan dua buah lagu.

Tak ketinggalan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari juga diminta untuk naik ke atas panggung bernyanyi yang disambut tepuk tangan para hadirin.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012