Anggota TNI dan Polri menanam 10 ribu bibit mangrove di kawasan Pantai Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI.
 

“Kegiatan taman 10 ribu bibit ini bagian dari penanaman 300.074 pohon di seluruh Indonesia,” kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal0 Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono, Selasa.

Selain para prajurit TNI, turut ambil bagian para anggota Satuan Brigade Mobil Polda Kaltim. Tidak kurang dari 150 personel ikut menceburkan diri ke lumpur menanam bibit-bibit pohon bakau.

“Agar terus terpelihara lingkungan kita,” kata Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Mulyadi.

Yang ditanam seluruhnya memang bibit bakau (Rhizopora mucronata), pohon bakau yang menjadi barisan pertama melawan ombak laut. Karena itu lingkungan hutan mangrove menjadi tempat ikan bertelur dan membesarkan anak-anaknya. Di bagian puncak pohon-pohonnya juga menjadi tempat tinggal dan singgah burung-burung.

Teritip sendiri adalah kawasan hutan mangrove alami. Tambahan 10.000 bibit yang baru ditanam itu diharapkan akan menambah rimbun hutan mangrove Teritip.

Danlanal Wahyu Cahyono berharap aksi ini juga bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam menghadapi abrasi atau pengkisan gelombang atas daratan di pesisir pantai. Ia juga menyampaikan keunggulan dan keuntungan menanam mangrove.

“Hutan mangrove ini juga menciptakan ekosistem yang kelak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” kata Danlanal.

"Mangrove ini akan dapat memperindah dan memperkaya keragaman flora dan fauna sehingga bisa dinikmati wisatawan yang datang ke sini. Itu akan menimbulkan pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat sekitarnya,” kata Komandan Kompi A Pelopor Brimob AKBP Gunawan Tri Laksono.

Di banyak tempat yang memiliki hutan mangrove terpelihara, memang lingkungan itu menjadi punya suasana indah dan nyaman yang menyegarkan, baik badan maupun perasaan. Di Balikpapan tempat seperti itu antara lain ada di Kelurahan Graha Indah yang memiliki Mangrov Center dan menjadi tempat wisata mangrove kelas dunia.

“Asal pohon-pohonnya dipelihara dengan baik dan bisa tumbuh maksimal,” kata Agus Bei, pengelola Mangrove Center Graha Indah yang juga penerima Hadiah Kalpataru dari Presiden Joko Widodo sebagai penyelamat lingkungan.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019