Jajaran Korem 091/Aji Surya Natakusuma (ASN) menggelar upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, guna mengenang jasa pahlawan dan kilas balik perjuangan.


Upacara ziarah  merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-74 TNI, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan sekaligus mendoakan para pahlawan, ucap Kepala Staf Korem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy di Samarinda, Jumat.

Rangkaian ziarah itu diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan oleh pimpinan ziarah nasional, dilanjutkan dengan tabur bunga yang dilakukan oleh peserta ziarah.

Sementara itu, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 091/ASN Kapten Arh Azrul Azis menyampaikan harapan kepada prajurit dan PNS TNI, termasuk kepada masyarakat untuk tetap meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah lebih dulu gugur.

Perjuangannya tersebut tentu sesuai dengan bidang pekerjaan, tugas dan fungsi masing-masing individu maupun kelompok, yakni untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, tenteram, damai, dan semua masyarakatnya hidup sejahtera.

Setelah ziarah ini, lanjutnya, diharapkan dapat sebagai motivasi bagi para prajurit untuk meneruskan jiwa dan semangat kepahlawanan para pendahulu, yakni dengan memperbaiki dan meningkatkan kinerja.

"Sedangkan kepada seluruh masyarakat, diharapkan menengok sejarah masa lalu sebagai tumpuan perjuangan dan kemajuan masa depan. Tiap orang selalu mempelajari, memahami serta menghargai nilai nilai perjuangan para pahlawan yang hasil replikasinya kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sudah menjadi tradisi sebelum peringatan HUT TNI, karena ziarah adalah untuk mengirim doa dan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan pendahulu sekaligus untuk instrospeksi diri.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain para Kasi Korem 091/ASN, Dansat/Kabalak Aju, Perwira, Bintara, Tamtama, para Pegawai Negri Sipil (PNS) jajaran Korem 091/ASN, Pengurus Persit, dan sejumlah siswa SMK Pelayaran Samarinda.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019