Sebanyak 46 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, siap mengibarkan Bendera Merah Putih dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 pada Sabtu, 17 Agustus.


"Pasukan inilah yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih dalam upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 tahun ini. Saya yakin mereka siap dan sukses karena selama ini digembleng oleh prajurit TNI dan kepolisian," ujar Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh di Ujoh Bilang, Jum'at.

Saat mengukuhkan 46 anggota Paskibraka di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang, sehari sebelumnya, bupati menyampaikan selamat atas terpilihnya anggota Paskibra tahun 2019 yang merupakan putra dan putri terbaik Kabupaten Mahulu.

Menurut dia, terpilihnya 46 pelajar SMA dan SMK tersebut merupakan kebanggaan bagi orang tua dan kabupaten, karena mereka merupakan pelajar yang berkualitas dan menjadi contoh buat muda- mudi lainnya. Kualitas tersebut teruji dari mereka lolos seleksi hingga lulus menjalani pelatihan selama ini.

Dalam kesempatan itu, Bonifasius juga berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka untuk tidak mudah puas terhadap pencapaiannya saat ini, karena meski berhasil menyisihkan ratusan pelajar lain, namun hal ini bukanlah akhir dari perjuangan karena masih banyak yang harus dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat.

"Setelah berhasil menjadi bagian dari upacara bendera, maka ke depan kalian harus mampu menjadi ujung tombak pembangunan di Kabupaten Mahulu untuk menuju hari esok lebih baik. Di mana pun kalian berada, harus bisa menjaga nama Paskibraka baik di sekolah maupun di masyarakat," ucap bupati.

Sementara Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail yang hadir dalam pengukuhan itu, berpesan kepada Anggota Paskibra untuk selalu memiliki sikap patriotisme, cinta tanah air, rela berkorban dan menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Selama ini para pelatih dan pembina Paskibra Mahulu tidak kenal lelah menggembleng adik-adik hingga kalian berhasil dan dikukuhkan oleh bupati sekarang, maka keterampilan yang kalian miliki ini sangat berguna baik untuk diri sendiri, masyarakat, pemerintah, hingga negara," ujar Taufik menyemangati. 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019