Sangatta (ANTARA News Kaltim) - Direktur Utama PT Ambar Borneo, Ambo Tuo, secara aklamasi terpilih menjadi ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, masa jabatan 2012-2017 dalam Musyawarah Kabupaten III yang berakhir Rabu (15/2) malam.

Terpilihnya  Ambo Tuo secara aklamsi menyusul lima calon lainnya yang menyatakan mundur  pada detik-detik menjelang  pemilihan ketua dalam pleno III beragenda penyampaikan visi dan misi calon ketua di gedung serba guna, bukit pelangi, Sangatta.

Satu per satu calon ketua menyatakan mundur saat menyampaikan visi dan misinya yakni Idris, Hendra, Herlang Mappatitti dan Andi Arafah yang juga merupakan pengusaha.

Sedangkan Agus Aras mantan pengurus Kadin Kutai Timur juga menyatakan mundur dengan alasan masih  menjadi anggota DPRD Kutai Timur periode 2009-2014.

Meski mundur Agus Aras yang juga anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan, akan tetap men-support Kadin Kutai Timur agar lebih baik dan profesional dan tetap menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Ambo Tuo yang tampil di urutan ketiga menyampaikan visi dan misinya, secara singkat mengatakan, jika  diberikan kepercayaan  memimpin Kadin Kutai Timur, program prioritasnya adalah, menyiapkan kantor  dan seluruh sarana dan fasilitas yang dibutukan untuk melaksanakan kegiatan Kadin.

"Kalau saya dipercaya menjadi ketua Kadin, rumah saya akan diubah menjadi kantor Kamar Dagang dan Industri Kutai Timur termasuk sarana kendaraan dan seluruh fasilitas kantor akan disiapkan. Dan semua pengusaha yang tergabung dalam Kadin Kutai Timur akan mendapat hak dan kewajiban sama," katanya disambut tepuk tangan pendukungnya.

Setelah semua calon menyatakan mundur, maka pimpinan sidang Asbudi, mengumumkan jika pemilihan ketua Kadin tidak perlu dilakukan, karena secara aklamasi sudah menyatakan setuju dan menyetujui calon tunggal H.Ambo Tuo.

Setelah diumumkan, Ambo Tuo yang mengenakan baju batik khas Kutai berwarna hijau kombinasi kuning emas, langsung diserbu  pendukung dan pengurus lainnya untuk memberikan ucapan selamat.

Musyawah Kabupaten Kutai Timur (Mukab) III Kadin Kutai Timur awalnya diikuti sebanyak 238 perusahaan, namun yang hadir untuk memberikan hak suaranya hanya 148 perusahaan.

Mukab juga dihadiri  Sevana Podung wakil Ketua Kadin Kalimantan Timur sebagai pendamping dan pengurus lainnya dan sejumlah pejabat SKPD Kutai Timur.

Pada pembukaan Mukab yang dimulai Rabu pagi, hadir pengurus Kadin Indonesia bidang Organisasi Anindya Nirwan Bakrie, dalam acara silaturrahmi dan dialog dengan tema membangun bersama. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012