Satu rumah warga di pesisir pantai Balikpapan di Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Rabu malam, roboh tersapu ombak.
 

Akibat musibah ini tiga orang penghuni rumah dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan karena mengalami luka-luka.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonsiliasi BPBD Balikpapan Usman mengatakan setelah menerima laporan petugas BPBD Balikpapan, aparat kelurahan, Bhabinkamtimas dan Babinsa dan unsur lain langsung mengamankan lokasi kejadian dengan mengevakuasi warga sekitar.

"Lokasi kita amankan. Warga diminta untuk tidak mendekat lokasi karena khawatir terjadi sesuatu," katanya.

Ia menjelaskan, ombak besar menghantam rumah milik Khaerudin, warga jalan Jenderal Sudirman Nomor 88 RT 03 Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Rumah panggung di pantai itu pun ambruk.

Diduga kuat tiang penyangga rumah sudah lapuk sehingga tidak mampu menahan beban saat ombak besar menerpa rumah.

Pada saat kejadian Khaerudin bersama istrinya Acce dan Sakila cucunya sedang berada di dalam rumah. Saat itu juga mereka bertiga menjadi korban dan mengalami luka-luka.

Sedangkan dua penghuni lainnya, Rahmawati dan Resti Ananda yang berada di luar rumah selamat dari musibah tersebut.

Di lokasi kejadian tampak harta benda milik korban berantakan, seperti kasur, perlengkapan kamar mandi, berceceran. Beruntung masih bisa diselamatkan harta benda lainya milik korban seperti televisi, lemari, dan lain-lain.

Sementara itu, Babinsa Klandasan Ulu Sertu Heri Suyetno mengatakan para korban setelah kejadian langsung dilarikan ke RS Bhayangkara Balikpapan untuk mendapatkan perawatan medis.

"Korban mengalami luka ringan dan sudah ditangani di RS Bayangkara," ujarnya.

Selain tiang penyangga rumah yang kropos, ambruknya rumah warga di pesisir pantai Balikpapan ini juga diduga akibat terjadinya abrasi di sepanjang pesisir pantai. 
 

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019