Persoalan klasik yang sering menjadi kendala dalam pembangunan yaitu minimnya Sumber Daya Manusia(SDM) yang berkualitas. 


Hal itu menjadi sorotan tersendiri bagi Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Kartanegara, Yahya Anja.

Oleh sebab itu keberadaan Perguruan Tinggi Poltek Sendawar perlu didukung, meski perguruan tinggi swasta namun sebagai jenjang tertinggi dalam dunia pendidikan harus mendapat perhatian.

"Apalagi Kutai Barat merupakan daerah yang diberikan limpahan Sumber Daya Alam(SDA) berupa pertanian serta perkebunan yang potensial, keberadaan sekolah tinggi ini harus dioptimalkan," kata Yahya.
Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

Selain itu pembangunan yang sedang gencar dilakukan Pemkab Kutai Barat sudah saatnya diisi oleh putera daerah yang berkualitas, salah satunya hasil didikan Poltek Sendawar.

Politikus Partai Demokrat itu menambahkan kebanyakan putra-putri asal Kubar bersekolah ke berbagai perguruan tinggi di Kaltim dan daerah lain di Indonesia. Padahal akan jauh lebih efisien jika mereka bisa sekolah di Kubar.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika mendukung kemajuan perguruan tinggi yang ada di Kutai Barat. 

"Dengan menempuh pendidikan didaerah sendiri maka nantinya ilmu yang ada dapat didedikasikan dalam dunia kerja untuk membangun Kutai Barat, untuk kemajuan Kutai Barat setidaknya sebagai tanah kelahiran,"kata Yahya

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019