Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM memberikan bantuan 200 lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya untuk desa dan kelurahan di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi  Kalimantan Timur.
 

Bantuan lampu penerangan jalan umum atau PJU untuk setiap desa dan kelurahan tersebut disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Ahmad Usman ketika dihubungi, Sabtu.

"Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan menerima bantuan 200 unit lampu PJU tenaga surya dari Kementerian ESDM itu, diperkirakan pada Juli atau Agustus 2019," katanya.

Ia mengatakan lampu PJU bantuan Kementerian ESDM itu akan dipasang di jalan desa dan kelurahan menggunakan sistem tenaga surya (solar cell).

Usman menjelaskan Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2018, juga mendapatkan 120 tiang lampu untuk penerangan jalan lingkungan di wilayah desa dan kelurahan.

Lampu PJU tenaga surya dari Kementerian ESDM tersebut  diprioritaskan untik wilayah desa dan kelurahan yang belum teraliri listrik dari PLN.

"Sebagai prioritas, bantuan lampu PJU itu diberikan kapada wilayah desa dan kelurahan yang belum dialiri listrik PLN," ujarnya.

Indikator bantuan penerangan di Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut  Usman, karena belum meratanya penerangan umum akibat terkendala anggaran yang terbatas.

Dikemukakannya bahwa proyek pemasangan lampu PJU tenaga surya tersebut dilelang di Jakarta, setalah lelang rampung langsung dibagikan kepada masing-masing desa dan kelurahan.

"Diperkirakan lampu PJU dari Kementerian ESDM akan disalurkan kepada desa dan kelurahan empat atau lima bulan lagi, menunggu proses lelang selesai," kata Ahmad Usman.

Lanjut Usman desa dan kelurahan yang akan mendapatkan bantuan lampu PJU tenaga surya dari Kementerian ESDM itu yang telah mengajukan permohonan kepada kecamatan atau pemerintah kabupaten.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019