Samarinda (Antaranews Kaltim) -Warga Palaran deklarasikan tolak narkoba dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54  sebagai  bentuk edukasi kepada masyarakat  terkait dampak buruk   penyalahgunaan Narkotika dan obat-obat terlarang.
 

"Ini komitmen kami warga Palaran untuk bersama menolak narkoba. Karena bicara hari kesehatan, kita bicara bagaimana  pengguna narkoba  dapat  merusak kesehatan jiwa dan fisik masyarakat utamanya generasi muda,"Kata Camat Palaran Suwarso di sela sela kegiatan, Minggu (25/11).

Menurutnya pihak Kecamatan Palaran  tidak  hanya berhenti  sebatas  deklarasi,  tetapi  telah mengaktifkan penggiat -penggiat anti narkoba di masing-masing kelurahan agar mampu memberikan edukasi kepada masyarakat .

"Jika sosialisasi dan pencegahan  terhadap penyalahgunaan narkoba kita sentuh sampai ke Kelurahan dan RT saya yakin, Palaran  akan  bersih dari narkoba,"katanya.

 Kepala BNN Kota Samarinda AKBP Siti Zaekhonsyah dikonfirmasi terpisah mengatakan, pembentukan penggiat anti narkoba di instansi pemerintah difokuskan di Kelurahan-Kelurahan di Kota Samarinda.

Ia menyampaikan  bahwa Kelurahan adalah garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Jika pegawai Kelurahan dibekali kemampuan terkait bahaya narkoba maka akan  lebih efektif dalam menginformasikan kepada masyarakat.

Siti Zaekhonsyah  berharap, kedepan para penggiat ini tidak hanya mampu memberikan sosialisasi bahaya narkoba tetapi juga berani melaporkan jika ada peredaran maupun penyalahgunaan narkoba di lingkungannya.

"Dengan dukungan masyarakat  dan sejumlah gerakan  yang dilakukan, maka saya  yakin Kota Samarinda akan  bersih dari narkoba"pungkasnya.

Sementara itu dalam rangka memperingati  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54   selain dilakukan deklarasi tolak narkoba, juga dilaksanakan senam zumba, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan dan bahaya narkoba serta ditutup dengan deklarasi menolak narkoba oleh perwakilan LPM dari lima Kelurahan di wilayah Kecamatan Palaran.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dihadiri ratusan warga, apalagi  acara HKN ke 54 di Kecamatan Palaran  itu membagi-bagikan  hadiah door prize serta menyuguhkan music hiburan.(*)

 

Pewarta: -

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018