Samarinda (Antaranews Kaltim)- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Kota Samarinda melakukan pengurasan Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk menjaga kualitas air bersih kepada para pelanggan.

"Pengurasan IPA dilakukan pada  hari ini,Selasa( 6/11) untuk itu pelanggan melakukan antisipasi untuk menampung air, karena PDAM akan menghentikan produksi air bersih untuk sementara," kata  Kepala produksi H Ady Fahrudi  melalui  Kasi  Humas PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda HM Lukman di Samarinda, Selasa.

Ia mengatakan  wilayah yang  akan terganggu  distribusi  air bersih  selama pengurasan  di antaranya di wilayah perkotaan, Kelurahan  Kampung Jawa,  Kawasan  Segiri  dan sekitarnya.

Lukman menjelaskan  pengurasan sedimentasi di  IPA Tirta Kencana akan di mulai pukul 08.00 wita hingga selesai. Pengurasan IPA  menjadi agenda rutin  PDAM  setiap tiga bulan sekali  untuk menjaga mutu dan kualitas  air yang didistribusikan.

Kemudian pengurasan IPA  terus di lanjutkan pada Kamis (8/11)  pada  IPA Gunung Lingai yang  berada  di wilayah Kecamatan Samarinda Utara.

Adapun wilayah-wilayah yang terdampak  di antaranya Jl Lingai, Wilayah Lempake, Jl Kebun Agung, Jl Mugurejo, Jl DI Panjaitan, Jl  PM Noor, Perum Griya Mukti Sejahtera dan sekitarnya.

Dia  mengimbau kepada masyarakat dan pelanggan di jalur tersebut  untuk bisa menampung air sebagai persediaan selama masih mengalir karena sepanjang pengurasan berlangsung pendistribusian air  dihentikan untuk  sementara waktu.

"Dampak dari  adanya pengurasan menyebabkan penghentian distribusi air kepada para pelanggan, oleh karena itu pihak manajemen PDAM Tirta Kencana meminta maaf dan jika sudah selesai  segera kembali dioperasikan penditribuasian air ke pelanggan,"kata Lukman.

Lukman menambahkan  tujuan dari pengurasan sejumlah IPA PDAM adalah untuk tetap menjaga kualitas air bersih PDAM agar benar-benar layak.(*)
 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018