Bontang (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak 143 haji asal Kota Bontang, Kalimantan Timur, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 dijadwalkan tiba di Debarkasi Haji Balikpapan pada 2 Desember 2011 pukul 24.00 Wita.

"Dalam waktu dekat, Kemenag, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Bagian Sosial, akan rapat untuk persiapan penjemputan jamaah haji di Asrama Haji Balikpapan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bontang, Aidil Adha, di Bontang, Senin.

Jamaah haji diperkirakan tiba tanggal 2 Desember 2011 melalui Debarkasi Haji Balikpapan pukul 24.00 Wita, kemudian prosesi penerimaan dan penyerahan lembaran paspor ke panitia haji di Asrama Haji Balikpapan memakan waktu sekitar 2,5 jam.

"Perjalanan dari Jeddah ke Debarkasi Sepinggan Balikpapan membutuhkan waktu 11 jam, dengan pengisian bahan bakar di Batam. Mereka tergabung dalam kloter 12 berangkat dari Jeddah siang hari dan malam hari sekitar pukul 24.00 Wita tiba di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan," ujar Aidil.

Dia menegaskan, keluarga jamaah haji Kota Bontang dilarang menjemput di Asrama Haji Balikpapan dan diarahkan menjemput pada 3 Desember 2011 sekitar pukul 10.00 Wita-11.00 Wita di depan Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Jl Awang Long sebagai tempat penurunan jamaah haji.

Saat ini keadaan para calon jamaah haji asal Bontang dalam kondisi sehat, hanya flu-flu ringan dan sudah ditangani petugas kesehatan haji daerah.

"143 haji asal Kota Bontang saat ini telah selesai menunaikan semua rukun haji seperti umroh, wukuf atau puncak haji pada lebaran 9 Dzulhijah (6/11) dan sekarang menunggu salat arbain di Madinah yang akan diberangkatkan dari Mekkah tanggal 20 Nopember 2011 dan berlangsung sembilan hari setelah itu siap-siap pulang ke tanah air," pungkas Aidil. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011