Tana Paser (Antaranews Kaltim) Satu orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Paser meninggal dunia di embarkasi batakan Balikpapan, Rabu  malam (8/8), sehari sebelum keberangkatannya ke Mekkah. 

JCH yang meninggal  tersebut  atas nama Jaimah Isam Dontoi (66), warga Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kaltim, Abdul Kholiq dihubungi di Tanah Grogot, Kamis (9/8) mengatakan tim kesehatan telah melakukan pemeriksaan saat jamaah calon haji itu  tidak sadarkan diri.

“Kejadiannya sekitar jam delapan malam. Sempat diperiksa tim kesehatan, dipompa jantungnya tapi pada saat dibawa ke klinik  diperjalanan sudah meninggal,” kata Kholiq.

Jenazah korban tidak lama setelah kejadian itu kata Kholiq segera dibawa keluarganya ke kediaman almarhum di Kecamatan Long Kali,Kabupaten Paser menggunakan satu unit ambulan.

Kholiq  menjelaskan  kondisi haemoglobin (hb) dalam darah almarhum beberapa saat sebelumnya dalam keadaan normal. “Hb-nya normal saat diperiksa dan saat diperiksa tidak ada keluhan. 

Selain itu kata Kholiq,  juga terdapat satu orang  JCH Paser yang mengalami gangguan kesehatan dan harus dirawat di rumah sakit setempat, atas nama Tudiah.  Ibu Tudiah masih dirawat  di rumah sakit karena hb-nya rendah, dengan kadar hb 5.

“Ibu  Tudiah tenyata  menderita anemia dan saat ini sedang  dalam perawatan. Tetapi jika kondisi kesehatannya telah membaik, maka  rencananya Senin (13/8)  akan diberangkatkan bersama  rombongan kloter 13,” kata Kholiq.


Lanjut Kholiq , jumlah  Jemaah Calon Haji  Paser yang berangkat ke Mekkah pada Kamis (9/8) pagi sebanyak 247 orang. Padahal  jumlah seluruhnya  249 orang, karena ada yang meninggal dunia dan  satu orang  masih dalam perawatan, jadi jumlah yang  diberangkatkan hanya 247 orang .(*/Kominfo Paser)

 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018