Penajam (Antaranews Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar memberikan apresiasi atas pembuatan film berjudul "Buen" hasil kolaborasi seniman lokal dengan seniman Jakarta yang menampilkan nuansa khas daerah Penajam.

"Ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Penajam Paser Utara, apalagi banyak melibatkan generasi muda lokal," kata Yusran Aspar pada acara syukuran sebagai tanda rampungnya pembuatan film "Buen".

Syuting film "Buen" dilakukan di sejumlah lokasi yang dianggap penting di wilayah Penajam Paser Utara hingga ke hulu Mahakam, Kalimantan Timur.

Sebagian besar yang terlibat dalam pembuatan film tersebut merupakan putra dan putri Kabupaten Penajam Paser Utara dengan dibantu kru film dari Jakarta.

"Satu prestasi yang sungguh luar biasa, putra-putri Penajam Paser Utara terlibat dalam pembuatan film `Buen" sebab membuat film tidak mudah, memerlukan keahlian khusus, termasuk pemeran dalam film itu," ujarnya.

Ke depan, Yusran berharap putra-putri Penajam Paser Utara bisa memproduksi sendiri film yang berciri khas daerah setempat.

"Mereka sudah dapat pembekalan, pengetahuan dan kemampuan terkait memproduksi film yang kualitasnya memenuhi standar, dari pembuatan film Buen itu," tambah Yusran.

Selain menampilkan nuansa khas Penajam Paser Utara, film Buen juga memperlihatkan infrastruktur kabupaten setempat sehingga pemerintah pusat memperhatikan infrastruktur di daerah.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sangat mendukung kegiatan pembuatan film untuk menumbuhkembangkan kreativitas dan kreasi anak sebagai penyalur bakat

"Kami selalu mendukung kegiatan pembuatan film di daerah, sebab dapat mengembangkan potensi anak Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara di dunia seni peran," kata Yusran Aspar. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018