Tana Paser (Antaranews Kaltim) – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Penajam melalui Penyelenggaraan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Paser akan melakukan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan di sekolah dan perguruan tinggi.

"Pemerintah Kabupaten Paser telah membentuk Pengurus Harian PPWK  Kabupaten Paser Masa Bhakti 2017-2021, melalui Surat Keputusan  (SK) Bupati Paser  Yusriansyah Syarkawi Nomor : 340/KEP-471/2017 tertanggal 31 Agustus 201,"kata Plt  Kepala Kantor Kesbangpol Paser Arifin usai rapat bersama pengurus PPWK di ruang rapat Sekda Paser, Selasa (10/4).

Ia mengatakan kepengurusan PPWK  Paser  yang dibentuk  dan dikukuhkan Bupati Paser diketuai  oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan Wakil Ketua  Kepala Kantor Kesbangpol, Sekretaris Kasi Kesatuan Bangsa.

Menurutnya pengurus PPWK  sudah bisa bekerja setelah dilantkik  beberapa waktu lalu. Adapun anggotanya terdiri dari  Kepala Bappeda Paser,  Dandim 0904 Tng, Kapolres Paser, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Partai Politik, Jurnalis, dan Tokoh Masyarakat.

Arifin menilai pemahaman tentang wawasan kebangsaan dikalangan generasi muda saat ini semakin kendur, sehingga cenderung bersikap dan bertindak tidak sesuai dengan aturan bahkan berujung pada perilaku anarkis.

"Oleh karena itu perlu ditanamkan jiwa kebangsaan dan cinta tanah air pada generasi muda, sebagai penerus bangsa,"katanya.

Arifin menjelaskan adapun materi yang disampaikan dalam pendidikan wawasan kebangsaan tersebut  adalah  tentang Pancasila sebagai dasar negara, falsafah, ideologi, pandangan hidup bangsa dan pemersatu bangsa.

"Selain itu  juga materi  yang diberikan tentang Undang-Undang Dasar  (UUD1945) , bhineka tunggal ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),"ujar Arifin. (*/kominfo Paser)


 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018