Samarinda (ANTARA Kaltim) - Komando Daerah Militer VI/Mulawarman menggelar gerak jalan Peleton Beranting berjarak tempuh 220 kilometer yang terbagi dalam 10 etape dan membutuhkan waktu tiga hari, dimulai pada Sabtu hingga Selasa (19/12).

"Peleton Beranting yang dilaksanakan Kodam VI/Mulawarman ini melalui rute wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma di Kaltim dan Kaltara serta Korem 101/Antasari di Kalsel," ujar Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso di Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara, Kaltim, Sabtu.

Hal itu dikatakan Kasdam setelah mewakili Pangdam Mayjen TNI Sonhadji melepas keberangkatan peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka di lapangan sepak bola Pertamina Sanga-Sanga, dengan peserta dari unsur TNI, organisasi kemasyarakatan dan Pramuka.

Tepat pukul 08.00 Wita, Peleton Beranting untuk etape pertana berangkat menuju ke titik estafet awal dengan jarak tempuh sejauh 25 km ke Mako Brimob Samarinda Seberang. Etape pertama ini akan terus dilanjutkan hingga etape dua dan seterusnya sampai etape 10 di wilayah Provinsi Kalsel.

Menurutnya, gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini digelar guna meningkatkan jiwa korsa, semangat juang dan solidaritas prajurit bersama segenap komponen bangsa dalam rangka menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tradisi Korps Infanteri untuk meningkatkan kemampuan mobilitas pasukan jalan kaki, termasuk kemampuan fisik perorangan dalam rangka peningkatan kualitas kesegaran jasmani prajurit.

Dalam upacara pelepasan tersebut bertindak selaku instruktur adalah Kasdam VI/Mlw dan diikuti oleh sekitar 600 personil TNI dan tamu undangan.

Hadir di kegiatan ini antara lain Danrindam VI/Mlw Kolonel Inf Iwan Ma`ruf Zainuddin, para Asisten Kodam, Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E Riupassa, para Dansat dan Kabalak Jajaran Kodam VI/Mlw, para Dandim Jajaran Korem 091/ASN, unsur Muspika dan Tomas Sanga-Sanga.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari satu peleton Inti Kompi A Yonif 600/R, satu peleton pengantar TNI, Yon Zipur 17/AD, 2 SST Yon Armed 18/Komposit, 1 SSK Yonif 611/Awl, 1 SST Security Pertamina EP Sanga-Sanga, 1 SSK Pramuka Sanga-Sanga, 1 SST Korsik Ajenrem 091/ASN.

"Tujuan gerak jalan Peleton Beranting ini adalah untuk mewujudkan jiwa korsa dan kebanggaan prajurit Korps Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran, menanamkan nilai-nilai kejuangan, dan semangat pantang menyerah," ucapnya. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017