Penajam (ANTARA Kaltim) -  Buen Festival siap kembali digelar di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Agustus 2017.

"Kami panitia yang terlibat dalam kegiatan budaya itu terus kerja menyiapkan segala sesuatunya," kata Ketua Panitia Buen Festival 2017 Kabupaten Penajam Paser Utara Gunawan, ketika ditemui di Penajam, Rabu.

Ia menjelaskan berbagai persiapan mulai rapat koordinasi yang dihadiri aparat dusun dan desa, serta masyarakat terkait tempat pelaksanaan dan persiapan lainnya terus dilakukan panitia peyelenggara.

"Kesepakatan yang dputuskan pada rapat koordinasi, pelaksanaan Buen Festival tetap dipusatkan di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru," ungkap Gunawan.

Menurut dia, persiapan tidak saja dilakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat dan pihak terkait, khususnya dengan pemerintah kabupaten karena Buen Festival merupakan even besar.

"Buen Festival adalah even terbesar yang menjadi kebanggaan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara," ujar Gunawan.

Ia berharap Buen Festival 2017 tidak saja memberikan dampak positif dari unsur kebudayaan, keragaman, perekonomian, namun juga lebih mengenalkan segela potensi yang dapat menjadi daya tarik Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Pada Buen Festival 2016, antusias pengunjung dan penggiat budaya seni cukup besar karena hadirnya seniman dari manca negara," tambah Gunawan.

Pada Buen Festival 2016, selain diramaikan seniman daerah dan seniman nasional, juga diramaikan dengan kehadiran seniman manca negara, seperti Junichi Usui pemain biola dari Jepang dan Rodrigo Parejo pemain seruling dari Spanyol.

Buen Festival yang digelar pada Oktober 2016 di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, juga mendatangkan keuntungan ekonomi bagi warga di daerah setempat.

Gelaran seni budaya, Buen Festival itu diharapkan dapat meningkatkan dunia seni budaya di Kabupaten Penajam Paser Utara. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017