Samarinda (ANTARA News - Kaltim) - Di antaranya bagian tubuh manusia, maka Wajah adalah yang paling mendapat perhatian tidak hanya wanita juga pria, bahkan ada istilah "cinta pada pandangan pertama" karena pengaruh pandangan terhadap wajah seseorang.

Sayangnya, ada orang yang memang memperhatikan "penampilan" wajahnya namun salah dalam perawatannya, sehingga apa yang diharapkan tidak sesuai bahkan kadang-kadang malah merusah wajah sendiri karena misalnya, menggunakan bahan-bahan berbahaya bagi kulit.

Berikut tips perawatan wajah dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi pembaca portal ANTARA News - Kaltim:

Kulit putih dan sehat mungkin itu yang sebenarnya dikehendaki wanita, bukan kulit putih tapi tidak sehat, sehingga lebih baik memulainya dengan perawatan secara alami.

Buah jeruk nipis, bisa menghilangkan kelebihan lemak dan merapatkan pori-pori yang tinggal digosok secara perlahan ke wajah.

Buah alpukat kaya akan vitamin, mineral dan minyak alami yang berguna bagi pelembab untuk menahan kelembaban kulit. Caranya gosok selama 15 menit setelah itu cuci dengan air bersih dilakukan sebelum tidur malam.

Jenis tumbuhan lain yang bermanfaat bagi wajah dan kulit adalah menggunakan lulur atau masker Bengkuang, kentang dan tomat semuanya untuk memutihkan, menghaluskan dan melicinkan kulit.

Anda dapat pula melakukan perawatan scrubbing sendiri dengan membeli bahan khusus untuk wajah di toko-toko produk kesehatan dan kecantikan) sekurang-kurangnya satu atau dua minggu sekali. Kenakan masker sesuai jenis kulit dan kebutuhan Anda (berminyak, berjerawat dan kering).

Yang terpenting, kondisi daerah tropis sudah tentu sepanjang tahun ada sinar mata hari, maka hindari terlalu lama terkena sinar matahari langsung, juga gunakan cream tabir surya pada pagi dan siang hari serta cream pelembab malam hari.

Ramuan lain yang bisa digunakan untuk perawatan wajah, yakni terdiri dari madu, ketimun, jeruk lemon, air hangat.
caranya : bersihkan dulu wajah dengan air hangat, olesen dengan madu selama 20 menit, masak jeruk atau lemon dan air masukan handuk kecil yang airnya yang hangat untuk diusap perlahan diwajah, untuk mengecilkan pori wajah maka timun hasil parutan dijadikan masker, setelah itu cuci kembali wajah agar bersih.

Prinsipnya semua buah-buahan dan sayuran bisa digunakan, namun yang sering dimanfaatkan adalah buah labu, mentimun, dan kacang kedelai.

Tips lainnya untuk perawatan wajah adalah rajinlah mencuci muka, hindari wajah terlalu sering kena polusi udara, misalnya menutup wajah dengan masker atau sapu tangan saat naik motor, hindari makanan pedas dan berlemak untuk hindari jerawat, sering berolahraga agar pori wajah berkeringat, sering mencuci rambut karena kepala berminyak bisa mempengaruhi wajah, shampoo harus benar-benar bersih karena bisa masih tertinggal di wajah, hindari banyak pikiran dan stres, makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup.


JIka harus membeli bahan untuk perawatan kulit, maka yang perlu diperhatikan adalah produk (kecantikan dan perawatan muka, gunakan make-up, pelembab atau tabir matahari) hanya yang tanpa minyak. Biasanya jika tertulis “nonacnegenic” atau “noncomedogenic” di label keterangan, produk tersebut lebih baik.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011