Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak dua dari empat pendaftar bakal calon ketua KONI Kalimantan Timur mengembalikan berkas pendaftaran kepada panitia penjaringan untuk memenuhi persyaratan sebelum bersaing dalam pemilihan yang dijadwalkan pada 29 Mei 2017.

Sekretaris Panitia Penjaringan Calon Ketua KONI Kaltim Budi Irawan kepada wartawan di Samarinda, Jumat, menjelaskan, dua bakal calon yang mengembalikan berkas pendaftaran adalah Zuhdi Yahya (petahana) dan Suriansyah.

"Pada saat pembukaan pendaftaran ada empat calon yang mengambil formulir dan ternyata setelah pendaftaran ditutup hanya ada dua orang yang mengembalikan berkas," jelasnya.

Ia mengatakan, berkas Zuhdi Yahya diserahkan bertepatan dengan batas akhir pengembalian pada hari ini, sementara Suriansyah mengembalikan beberapa hari sebelumnya.

Setelah verifikasi awal, berkas persyaratan itu dinyatakan lengkap, termasuk syarat dukungan 30 persen dari pengurus cabang olahraga dan 30 persen dari KONI kabupaten/kota.

Selanjutnya, tim penjaringan akan melakukan verifikasi lanjutan untuk menentukan lolos atau tidaknya Zuhdi Yahya sebagai calon ketua KONI Kaltim periode 2017-2021.

"Untuk verifikasi awal, berkas lengkap dan tidak ada masalah. Semua lengkap mulai dari identitas dan keterangan domisili, serta jumlah dukungan ada semua di dalam berkas. Kita akan membawa berkas ini untuk dirapatkan pada Senin (15/5)," ujar Budi.

Zuhdi Yahya menjadi kandidat kuat untuk memimpin kembali KONI Kaltim, karena sejauh ini sudah meraup 59 dukungan, termasuk 10 dukungan dari KONI kabupaten/kota.

Bahkan saat mengembalikan berkas pendaftaran ke sekretariat KONI Kaltim, Zuhdi Yahya mendapat sambutan dari para atlet dan pelatih beberapa cabang olahraga

"Syukur alhamdulillah dukungan tidak hanya dari pemilik suara, tapi dari atlet dan segenap insan olahraga serta pelatih. Ini sangat baik karena atlet dan pelatih merasa ikut memiliki untuk sama-sama berjuang membangkitkan olahraga Kaltim," kata Zuhdi. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017