Penajam (ANTARA Kaltim) -  Anggaran peningkatan jalan nasional Trans Kalimantan sepanjang 105 kilometer yang melalui wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2017 sebesar Rp21,7 miliar.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin saat ditemui di Penajam, Senin, mengatakan anggaran peningkatan jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kabupaten Kutai Kartanegara itu merupakan dana alokasi khusus.

"Anggaran Rp21,7 miliar dibagi untuk dua paket pengerjaan peningkatan jalan Trans Kalimantan yang melalui wilayah Penajam Paser Utara," jelasnya.

Peningkatan jalan Trans Kalimantan mulai Sepaku hingga Petung mendapatkan alokasi dana sebesar Rp10,8 miliar. Sedangkan mulai kilometer 38 sampai Semoi, Kecamatan Sepaku, mendapatkan kucuran dana sebesar Rp10,9 miliar.

"Dana itu sangat minim, jadi kami minta provinsi untuk lebih memprioritaskan titik-titik jalan yang mengalami kerusakan cukup parah," ujar Alimuddin.

Pengerjaan peningkatan jalan Trans Kalimantan yang melalui wilayah Penajam Paser Utara tersebut rencananya dilaksanakan pada Juni 2017.

"Kontraktor pelaksana yang memenangkan lelang pengerjaan jalan itu sudah ditetapkan Pemprov Kaltim," tambah Alimuddin.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengusulkan pengerjaan peningkatan jalan Trans Kalimantan itu dilakukan pada jalan yang mengalami kerusakan cukup parah.

Alimuddin menjelaskan pemerintah kabupaten meminta tujuh titik jalan yang mengalami kerusakan cukup parah mulai dari perbatasan Buluminung sampai Riko untuk dilakukan pengerasan jdengan beton terlebih dahulu.

"Kami minta Unit Pelaksana Teknis Dinas Pekerjaan Umum Kaltim melakukan perbaikan sementara dengan menambal jalan-jalan berlubang menggunakan meterial yang ada di sekitar lokasi sebelum dilanjutkan dengan pengerasan dengan beton," tambahnya. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017