Penajam (ANTARA Kaltim) -  Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kembali menemukan empat orang dengan HIV/AIDS atau ODHA, setelah memastikan tiga laki-laki dan satu perempuan positif terinfeksi virus HIV.

"Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara bertambah empat orang, setelah tiga laki-laki dan seorang perempuan dinyatakan positif terinfeksi HIV," jelas Pengelola Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Sarjito Ponco Waluyo ketika dihubungi di Penajam, Sabtu.

Dua orang laki-laki yang positif terinfeksi virus HIV itu berstatus bujang berusia 21 dan 28 tahun, serta seorang bapak usia 46 tahun, semantara satu perempuan berusia 32 tahun.

Keempatnya telah menjalani VCT (voluntary counseling and testing) atau tes HIV di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Hasil tes itu menunjukkan keempatnya positif HIV. Dengan ditemukannya empat orang terinfeksi HIV, maka jumlah ODHA di Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi 50 orang," kata Ponco Waluyo.

Menurut ia, keempat penderita HIV/AIDS itu tertular melalui hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan atau infeksi menular seksual (IMS).

"Kalau penderita HIV/AIDS yang perempuan tertular dari suaminya yang telah meninggal satu tahun lalu," ujar Ponco Waluyo.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara akan segara memeriksa kesehatan keluarga bapak berusia 46 tahun yang positif teinfeksi virus HIV itu.

"Istri dan anaknya belum kami periksa, jadi belum diketahui apakah anak dan istri dari bapak itu juga terinfeksi HIV atau tidak," ucap Ponco Waluyo.

Keempat ODHA yang tercatat sebagai warga Kecamatan Penajam tersebut saat ini menjalani rawat jalan.

Laki-laki yang berusia 24 tahun, lanjut Ponco Waluyo, kondisinya masih lemah dan disarankan untuk melakukan perawatan di rumah sakit di Kota Balikpapan. Sementara kondisi tiga ODHA lainnya mulai tampak membaik setelah menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ponco menambahkan penyebarab HIV/AIDS di wilayah Penajam Paser Utara sudah semakin memprihatinkan dan perlu perhatian serius dari semua pihak.

"Mayoritas penularan HIV di Kabupaten Penajam Paser Utara akibat perilaku seks bebas," tambahnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017