Penajam (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berupaya meningkatkan manajemen usaha bagi perempuan di daerah setempat dengan menggelar bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha.

"Kegiatan bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha merupakan program strategis," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Sutrisno di Kecamatan Babulu, Jumat.

Menurut dia, pengetahuan mengelola usaha bagi perempuan untuk membantu ekonomi keluarga sangat penting, karena dinamika perkembangan ekonomi memiliki persaiangan yang ketat.

"Kemampuan pengelolaan manajemen bagi pelaku usaha kecil perlu ditingkatkan agar menambah produktifitas, kualitas serta daya saing produk yang dihasilkan," jelas Sutrisno.

Usaha ekonomi produktif yang dikelola kaum perempuan lanjut dia, terus berkembang dan perlu mendapat apresiasi karena sangat berarti bagi pemulihan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

"Mental usaha juga diperlukan oleh kaum perempuan dalam berwirausaha, sehingga dapat terus memajukan usaha yang ditekuninya," ujar Sutrisno.

Ia menyatakan bimbingan manajemen usaha bagi perempuan sangat penting, dan diharapkan dapat memberikan pemahaman yang cukup kepada peserta terkait manajemen usaha yang baik dan benar.

Pemerintah kabupaten berharap usaha para kaum perempuan berjalan lancar dan berkembang, sehingga juga berimbas pada perkembangan ekonomi daerah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Penajam Paser Utara Rivana Noor mengatakan tujuan bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha tersebut untuk membangun keluarga sejahtera.

"Usaha produktif yang berkembang dikelola kaum perempuan itu merupakan semangat dan inisiatif, serta kepedulian dan tanggung jawab terhadap perbaikan dan peningkatan kehidupan keluarga," tuturnya.

Semangat usaha kaum perempuan itu tambah Rivana Noor, perlu mendapat apresiasi karena usaha secara mandiri tersebut untuk menopang ekonomi keluarga, serta dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Penajam Paser Utara. (*)

Pewarta: Bagus

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017