Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kontingen tuan rumah Kalimantan Timur menargetkan gelar juara umum pada ajang pekan olahraga persahabatan "Brunei Indonesia Malaysia Philipina-East ASEAN Growth Area" (BIMP-EAGA)di Samarinda, 6-12 Desember 2016.

Ketua Kontingen Kaltim Andi Harun kepada pers di Samarinda, Minggu, mengatakan kontingennya telah menyiapkan atlet terbaik pada ajang internasional persahabatan tersebut dan para atlet telah siap untuk meraih medali saat pertandingan.

"Harapannya, kontingen ini bisa memberikan yang terbaik dengan target juara umum. Kita harus optimistis, meskipun hanya persahabatan, tapi tetap bergengsi," ujar Andi Harun .

Ia mengatakan pada BIMP-EAGA Friendship Games tersebut, tuan rumah Kaltim akan menurunkan sebanyak 159 atlet beserta ofisial dan pelatih.

"Mereka siap tampil maksimal di seluruh cabang olahraga (12 cabang) yang dipertandingkan, yang salah satu di antaranya golf merpakan cabang eksebisi," katanya.

Para atlet Kaltim yang turun di ajang tersebut berasal dari Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim dan sebagian besar eks atlet PON 2016.

"Kita melihat secara personel tim BIMP-EAGA terdiri dari atlet PON dan SKOI. Ajang ini juga dalam rangka evaluasi untuk persiapan kejuaraan ke depan dan catatan bagaimana pembinaan atlet kita," tambah Andi Harun.

Sementara itu, Wakil Ketua Kontingen Kaltim Muslimin menambahkan pihaknya telah menyiapkan fasilitas kontingen Kaltim jelang pembukaan BIMP-EAGA dan rencananya kontingen dilepas KONI Kaltim pada Selasa (6/12).

"Panitia kontingen melakukan evaluasi terakhir menyangkut kesiapan tim. Kita siapkan fasilitas seperti penginapan di hotel MJ untuk seluruh atlet Kaltim. Hari ini kita sudah bagikan seragam kontingen, semoga para atlet semangat bertanding," ungkap Muslimin.

Pesta olahraga persahabatan BIMP-EAGA 2016 diikuti lebih kurang 1.000 atlet dari beberapa daerah di Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Malaysia, serta dari Australia. (*)       

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016