Samarinda (ANTARA Kaltim) – Perwakilan Badan Kependudukan  dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim melakukan lelang jabatan  terbuka untuk eselon III dan IV dengan melibatkan  Pusat  Kajian Pendidikan  dan Pelatihan Aparatur  III Lembaga Administrator Negara (PKP2A III LAN).

“Lelang jabatan ini baru pertama kali kita lakukan dengan melibatkan   lembaga Assessment Center  lokal  yaitu PKP2A III LAN yang bisa dipercaya,” kata Sekretaris  BKKBN Kaltim, Achmad Taqdir di Samarinda,Selasa (16/8).

Selain itu katanya,  lelang jabatan  ini bisa lebih efesien , karena anggaran  yang  tersedia memang tidak mencukupi.  Kemudian  Assessment yang dilakukan  PKP2A III LAN  dinilai objektif karena tidak  ada unsur  kepentingan didalamnya dan ini merupakan jaminan.

“Jadi diharapkan nantinya  orang-orang yang menduduki  posisi atau jabatan adalah orang-orang yang sudah memiliki kompetensi dan kemampuan yang cukup  dalam mengemban tugas,” katanya.

Ahmad Takdir  menjelaskan  peserta  yang mengikuti assessment di   PKP2A III LAN, sebelumnya  mereka  juga mengikuti assessment intern di lingkungan BKKBN Kaltim.  Padahal seharusnya mereka setelah mengikuti assessment di BKKBN Kaltim dilanjutkan mengikuti assessment di BKKBN pusat.

Setelah  BKKBN Kaltim melakukan konsultasi dengan pejabat BKKBN pusat  saat melakukan kunjungan kerja ke Kaltim, ternyata direspon positif dan hal ini merupakan inovasi yang baik untuk mengoptimalkan institusi yang ada di Kaltim dan  juga dalam rangka mendekatkan  kelembagaan antar  institusi    BKKBN Kaltim, ,  BKD  kaltim dan LAN  Kaltim.

Dikemukakan  Takdir , terkait  dilaksanakannya lelang jabatan terbuka di BKKBN Kaltim ,  ada satu jabatan eselon III  yang kosong karena pejabat lama pensiun pada awal Juli 2016 lalu dan tiga jabatan eselon IV yang juga masih kosong.

“Idealnya  untuk mengisi  jabatan eselon III maupun eselon IV di ikuti sebanyak tiga peserta, namun  untuk eselon IV hanya diikuti sebanyak  lima peserta karena keterbatasan SDM dan persyaratan.,” kata Achmad Taqdir.

Sementara itu . Kepala  Pusat Kajian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN)  Mariman Darto mengatakan apa yang dilakukan oleh perwakilan BKKBN Kaltim layak  diberi apresiasi.

“BKKBN Kaltim pada level eselon III  dan IV   sudah melakukan  seleksi  terbuka dan hal ini bisa dicontoh.  Di Kaltim  sendiri untuk level eselon III dan IV tidak dilakukan seleksi  terbuka tetapi melalui Baperjakat. Lelang jabatan dilakukan  untuk  jabatan  eselon II,,” katanya.

Mariman menambahkan   kedepan jabatan eselon III   harus dilakukan lelang, karena  untuk  menduduki  jabatan  tentunya harus memenuhi dua  hal   penting yakni kualifikasi yang sesuai  dan  memiliki kompetensi, kemamuan dan keahlian.(*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016