Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah menyiapkan informasi lowongan kerja melalui format dalam jaringan agar mudah diakses para pencari kerja.

"Selain penyelenggaraan pameran bursa kerja atau `Job Market Fair`, informasi kesempatan kerja juga dapat diperoleh secara langsung antara pengguna tenaga kerja dengan pencari tenaga kerja. Informasi itu dapat diakses melalui laman Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim atau Bursa Kerja On Line (BKOL) dengan alamat www.infokerja-kaltim.com," ujar Kepala Disnakertrans Kaltim Fathul Halim di Samarinda, Rabu.

Menurut ia, sekitar 38.450 orang dari berbagai daerah mengakses laman BKOL setiap bulannya.

"Fasilitas laman yang kami tampilkan memberikan kemudahan bagi pencari kerja di kabupaten dan kota dengan hanya mengakses BKOL melalui info kerja," ujarnya.

Melalui fasilitas tersebut, para pencari kerja dapat mengetahui langsung perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan atau membutuhkan tenaga kerja.

"Jadi, para pencari kerja tidak perlu repot-repot datang ke Disnakertrans Kaltim maupun kabupaten dan kota yang memerlukan biaya dan waktu," tutur Fathul.

Ia menambahkan informasi yang disampaikan melalui BKOL sangat lengkap, baik alamat perusahaan maupun jenis pekerjaan yang tersedia di perusahaan, sehingga pencari kerja dapat mempersiapkan dan melengkapi berkas administrasi terlebih dulu.

"Informasi yang kami siapkan sudah cukup memadai dan fasilitas ini dapat dimanfaatkan para pencari kerja, karena informasi lewat daring sudah bukan hal yang sulit bagi masyarakat untuk mengaksesnya," ujarnya.

Data Disnakertrans Kaltim mencatat pada Agustus 2015 jumlah yang bekerja sebanyak 1.423.957 orang, sementara hingga Februari 2016 tercatat 1.504.133 orang atau mengalami peningkatan sebanyak 80.126 orang. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016