Balikpapan (ANTARA Kaltim)-  Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Johny L Tobing menugaskan prajurit Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 17/Ananta Dharma untuk membantu sepenuhnya program Bedah Rumah Veteran yang digelar PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Hutama Karya.

"Di Yonzipur ada unit Zeni Bangunan, mereka sangat paham soal konstruksi," kata Pangdam Johny L Tobing di Balikpapan, Rabu.

Program Bedah Rumah Veteran adalah bagian dari program BUMN Untuk Negeri, kegiatan untuk memeringati ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kementerian BUMN memulai program ini pada tahun 2015 sebagai peringatan 70 tahun Indonesia merdeka. Sebanyak 50 unit rumah akan direnovasi melalui program ini.

Sebelum prajurit dari Zeni Bangunan (Zibang) bekerja, kedua BUMN menurunkan tim untuk melakukan survei dan melihat sendiri rumah-rumah veteran yang layak direnovasi.

"Dari survei itu, kami mendapatkan ada 18 rumah veteran di Balikpapan, 11 rumah di Samarinda, enam rumah di Tana Paser, Kabupaten Paser, tiga rumah di Tanjung Redeb (Berau), dua rumah di Tenggarong (Kutai Kartanegara), dan lima rumah di Bontang," kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia Achmad Tossin Sutawikara.

PT Pupuk Indonesia adalah holding company atau perusahaan induk PT Pupuk Kaltim.

"Kami harapkan dua dari lima unit rumah yang ada di Bontang segera selesai sebelum tanggal 17 Agustus," lanjut Sutawikara.

Dengan demikian, rumah-rumah itu dapat diserahkan kembali kepada veteran pemiliknya pada upacara 17 Agustus 2016.

Setelah direnovasi, rumah-rumah para veteran ini diharapkan akan menjadi tempat tinggal yang lebih layak.

"Ini satu cara kita menghargai dan menghormati orang-orang yang sudah berkorban demi kita semua," kata Sutawikara.

Pada tahun 2015, Garuda Indonesia yang bertugas menjalankan program ini di Kalimantan Timur, sementara PT Pupuk Indonesia mendapat tugas di Jawa Timur, dan PT Hutama Karya di Bali.

"Sekarang kami kebagian Kaltim," kata Direktur SDM dan Umum PT Pupuk Kaltim Meizar Effendi.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016