Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyediakan tempat penitipan anak di Pasar Induk Penajam sebagai pelaksanaan dari program Kota Layak Anak.

"Kesehatan anak menjadi alasan menyediakan tempat penitipan anak di Pasar Induk Penajam," kata Kepala Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Penajam Paser Utara, Siti Aminah di Penajam, Rabu.

Kantor KB-PP Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan tempat penitipan anak di Pasar Induk Penajam, karena pasar tradisional tersebut letaknya strategis.

Tempat penitipan anak di Pasar Induk Penajam lanjut Siti Aminah, dilengkapi dengan ruangan menyusui, taman bacaan khusus anak dan tempat bermain anak.

"Para pengunjung yang berbelanja serta pedagang di pasar itu, yang membawa anak dapat menitipkan anak di fasilitas tersebut," jelasnya.

Menurut Siti Aminah, Bank Pembangunan Daerah Cabang Penajam Paser Utara dan PT Pertamina membantu dana untuk memenuhi sarana prasarana tempat penitipan anak tersebut melalui program tanggung jawab sosial perusahaan.

"Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Penajam Paser Utara Rustini Yusran, juga membantu alat permainan edukatif di tempat penitipan anak itu," ungkapnya.

Dinas Pekerjaan Umum, Permukiman dan Prasarana Wilayah dan Unit Pelasana Teknis Pasar Induk Penajam menyediakan ruangan, sedangkan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah membantu lemari dan buku bacaan.

"Kami juga berharap bantuan lainnya agar tempat penitipan anak itu memiliki fasilitas yang lebih baik lagi, nyaman dan aman bagi anak-anak," ujar Siti Aminah.

Selain itu, pembinaan dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, tambahnya, sangat diperlukan untuk mewujudkan Penajam Paser Utara menjadi kabupaten yang ramah anak.

Rencananya Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar, meresmikan Tempat Penitipan Anak di Pasar Induk Penajam, Kelurahan Nenang pada Kamis (14/7). (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016