Penajam (ANTARA Kaltim) -  Empat pecatur Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berhasil meraih medali pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Kaltim tingkat junior 2016.

"Empat pecatur berhasil menyabet medali di Kejurprov Catur junior yang digelar di Kota Balikpapan, mulai 30 Mei hingga 1 Juni 2016," kata Sekretaris Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Penajam Paser Utara, Badriansyah di Penajam, Senin.

Empat pecatur tersebut lanjutnya, yakni Novandra Netnya mampu meraih medali emas, Haenisa Gusti meraih medali perak serta Niken Nurhaini serta Alvan Royansyah masing-masing memperoleh medali perunggu.

Menurut Badriansyah, Kejurprov tersebut selain sebagai ajang para atlet untuk mengukur kemampuan, juga sebagai wadah seleksi bagi atlet junior untuk mengikuti kejuaraan nasional yang akan digelar di Provinsi Jambi.

"Pada Kejurprov itu menyeleksi atlet catur junior, termasuk atlet junior Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk mewakili pada kejuaraan nasional mendatang," ujarnya.

Badriansyah menjelaskan, para atket catur Kabupaten Penajam Paser Utara, memiliki kualitas baik, tidak kalah dengan pecatur lainnya yang ada di Kalimantan Timur.

Namun, masih kurangnya pembinaan di daerah membuat kemampuan dan mental bertanding atlet catur Kabupaten Penajam Paser Utara, masih sangat terbatas.

"Padahal jika dilakukan pembinaan dengan baik, pecatur Penajam Paser Utara itu akan mampu meraih prestasi dan membawa nama daerah Penajam Paser Utara," kata Badriansyah.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat memberikan perhatian dan dukungan kepada Prcasi Kabupaten Penajam Paser Utara, terutama pembinaan terhadap atlet catur di daerah itu.

"Selama mengikuti turnamen atau kejuaraan catur, kami menggunakan anggaran sendiri, sehingga segala sesuatunya sangat terbatas," tambah Badriansyah. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016