Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih kekurangan sekitar 108 orang tenaga pendidik atau guru.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Khairuddin di Penajam, Kamis, mengatakan jumlah kekurangan guru itu adalah hasil analisa e-Formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara yakni 48 orang.

"Kekurangan tenaga pendidik itu ada sekitar 48 orang, belum termasuk yang akan memasuki masa pensiun pada tahun ini (2016)," jelasnya.

Dengan demikian, diperkirakan jumlah total kekurangan tenaga pendidik atau guru di Kabupaten Penajam Paser Utara, mulai jenjang TK hingga SMA mencapai 108 orang.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara masih membutuhkan guru atau tenaga pendidik, terbanyak untuk jenjang sekolah dasar.

Menurut Khairuddin, untuk menutupi kekurangan tenaga pendidik atau guru itu, hanya bisa menunggu informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari pemerintah pusat.

"Pengangkatan guru honorer di Kabuoetan Penajam Paser Utara tidak lagi memungkinkan. Jadi pemenuhan kekurangan guru itu tunggu penerimaan CPNS," katanya.

Kekurangan tenaga pendidik tersebut akan mempengaruhi kualitas pendidikan di Kabupaten Penajam Paser Utara, jika tidak segera dilakukan penambahan guru di daerah itu.

"Guru memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di setiap sekolah, jadi kebutuhan guru harus terpenuhi," tambah Khairuddin. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016