Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menilai Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terbaik dalam rekrutmen atau pengisian terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya dan pratama.

"Pengakuan itu disampaikan Ketua KASN ketika kami menggelar sosialisasi pengisian terbuka JPT ASN. Gubernur Kaltim selaku Pejabat Pembina Kepegawaian dinilai sangat berkomitmen dan konsisten melaksanakan amanah UU Nomor 5/2014 tentang ASN," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim M Yadi Robyan Noor di Samarinda, Rabu.

Komitmen gubernur tersebut, lanjut Robyan, mendasari Kaltim sebagai provinsi terbaik dalam pelaksanan rekrutmen terbuka JPT Madya dan JPT Pratama. Terlebih gubernur juga dinilai KASN berhasil merealisasikan hingga di tataran pemerintah kabupaten kota di seluruh Kaltim.

Dilanjutkannya, KASN menilai hal itu sebagai prestasi terbaik dan pertama kalinya dilakukan di Indonesia. Untuk itu, pihaknya akan terus memastikan pelaksanaannya berjalan secara transparan sehingga mampu menyeleksi secara objektif.

Upaya itu dilakukan untuk mencapai target dalam mendukung kebijakan nasional pencanangan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), yakni untuk mewujudkan perubahan pola pikir, mental, dan sikap pejabat dalam mengambil keputusan maupun membuat kebijakan baru.

Sedangkan keberhasilan gubernur hingga tataran pemerintah kabupaten kota adalah kondisinya saat ini hampir semua bupati atau wali kota juga melakukan rekruitmen terbuka JPT pratama yang pelaksaannya melibatkan provinsi sebagai panitia seleksi bagi mereka yang senior.

"Seperti yang dilakukan oleh Pemkab Penajam Paser Utara, yakni pada April 2016 berhasil menyelesaikan rekrutmen terbuka JPT pratama untuk Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara sehingga tinggal menentukan jadwal pelantikan sekab," ucapnya.

Kemudian untuk Pemkab Kutai Kartanegara sudah berhasil melaksanakan rekrutmen sekab dan telah masuk tahapan ujian makalah. Sedangkan Pemkab Kutai Timur baru masuk tahapan pengumuman calon pelamar JPT pratama sekkab Kemudian secara bertahap akan disusul kabupaten/kota lainnya.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016