Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Wakil Gubernur Kalimantan Timur M.Mukmin Faisyal menyatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 pada 20 Mei 2016 diharapkan menjadi momentum tepat membangkitkan semangat dan membangun jiwa kompetitif bangsa Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Wagub Mukmim Faisyal ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas di halaman kantor gubernur Kaltim di Samarinda, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Kaltim membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara.

Dikatakan, sesuai dengan tema Harkitnas yang kita usung tahun ini, maka kita harus bangkit untuk menjadi bangsa yang kompetitif sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Di zaman sekarang, lanjutnya, bukan saatnya mengedepankan hal-hal yang sekadar pengembangan wacana maupun berbagai kegiatan yang bersifat seremonial karena kegiatan itu tidak produktif.

Untuk itu, mulai kni harus meminimlkan kegiatan yang bersifat seremonial dan lebih mengutamakan gerakan yang manfaatnya langsung terlihat, saatnya bekerja nyata dan mandiri dengan cara-cara baru yang inovatif serta penuh inisiatif.

Menurutnya, setiap individu harus menunjukkan bahwa tantangan apapun yang dihadapi dalam bekerja maupun dalam upaya menyelesaikan tugas saat ini, harus dijawab dengan memfokuskan diri pada aspek kerja nyata, penuh kemandirian dan dengan karakter yang kuat.

Semua kerja nyata, kemandirian, karakter, dan inisiatif yang harus dimunculkan tersebut semua terpusat pada pemahaman bahwa saat ini Bangsa Indonesia dihadapkan dalam kompetisi global.

Persaingan bukan lagi muncul dari tetangga maupun mereka di sekitar lingkungan kita, sebaliknya justru inilah saat paling tepat untuk bahu-membahu bersama sesama anak bangsa untuk memenangkan persaingan pada era global, karena lawan tanding yang setiap hari muncul dari semua penjuru dunia, ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kerja nyata juga diamanatkan untuk jalannya pemerintahan mulai pusat hingga daerah. Untuk itu, dalam menyelenggarakan berbagai proses pemerintahan harus secara lebih efisien, memangkas proses pelayanan yang berbelit-belit dan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas.

"Mari kita bangun proses yang lebih transparan. Berikan layanan yang tepat waktu sesuai jangka waktu yang telah dijanjikan. Kerja nyata yang kita teguhkan Insya Allah akan membawa kebangkitan bangsa yang lebih jaya," ucap Mukmin yang masih membacakan sambutan Rudiantara.

Indonesia yang terdiri dari jajaran pulau namun tetap sebagai satu kesatuan, lanjutnya, maka mau tidak mau semua harus bangkit untuk menjdi bangsa yang kompetitif dalam persaingan pada tingkat global tersebut, karena di situlah letak kunci untuk memenangkan setiap persaingan golbal. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016