Sangatta (ANTARA  Kaltim) -  Bupati  Kabupaten Kutai Timur Ismunandar  melakukan sosialisasi rencana pemerintah Provinsi Kaltim  membangunan rel kereta api  yang akan melintasi beberapa desa di Kecamatan Muara Wahau.

"Saat ini pak Gubernur  Kaltim, H.Awang Faroek Ishak memprogramkan   kerjasama dengan  Negara Rusia  akan membangun rel kereta api yang akan  menghubungkan  beberapa  Kabupaten di Kaltim," katanya saat memberikan  sambutan pada  peresmian gedung koperasi  (KSU)  di Desa  Dea Beq , Kecamatan Muara Wahau, Kutim.

Ia mengatakan  rencana pembangunan  rel kereta api  nantinya  akan menghubungkan beberapa  wilayah  di antaranya   Kabupaten Kutai Barat, Penajam Paser  Utara (PPU), Balikpapan dan  Kutai Timur.

Disampaikannya bahwa  dirinya  diajak  Awang Faroek, untuk meyakinkan pihak Rusia   agar   melakukan investasi  pembangunan  rel  kereta api di Kaltim.

"Pemerintah  Kutai Timur siap dan tidak  ada masalah, namun  saya meminta dukungan seluruh warga Kutai Timur  terhadap  pembangunan rel kereta api," katanya.

Ismunandar menjelaskan  rencana pembangunan rel kereta api, khususnya di Kutai Timur, nantinya ada banyak sumber-sumber energi dan sumber daya alam yang akan dilalui nanti.

Walaupun banyak pihak yang meragukan program Gubernur Awang Faroek Ishak tersebut, tapi Ismunandar yakin bahwa Gubernur Awang Faroek  memiliki visi jauh ke depan untuk kemajuan Kaltim. Harapan ke depannya  pembangunan  perkeretaapian  selain untuk  mengangkut  barang  juga  mengangkut orang sehingga  menambah satu lagi  alat transportasi darat di Kaltim.

"Jika hal itu terealisasi, maka  warga  akan  mudah  melakukan perjalanan jauh antar kabupaten  dengan  harga yang murah," katanya.

Menurutnya  jika beberapa daerah  di Kutai Timur  mudah dilalui  dan sudah terbuka, apalagi  jika  sudah  dilakukan  pemekaran wilayah di delapan Kecamatan menjadi  Kabupaten Kutai Utara, maka pertumbuhan ekonomi  akan lebih cepat berkembang.

Pada akhirnya masyarakat secara merata dapat merasakan hasil-hasil pembangunan .

"Saya sangat berharap agar masyarakat  Kutai Timur mendukung  program  Pemerintah terkait  pembangunan rel  kereta  api   agar  dapat berjalan  dengan baik dan sukses," kata Ismunandar (*)



Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016