Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara H Marli, meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar memaksimalkan aset daerah yang bisa dimanfaatkan untuk manambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Banyak aset pemerintah daerah yang bisa digunakan untuk menambah PAD. Jadi, kami minta agar SKPD membuat terobosan bagaimana memanfaatkan aset yang ditanganinya agar menghasilkan PAD," ujar H Marli, di Tenggarong, Rabu.

Salah satu aset yang jika dikelola secara maksimal dapat meningkatkan PAD menurut H Marli yakni, lapangan parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, yang setiap malam dijadikan lokasi kuliner atau angkringan.

"Kawasan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menambah PAD, misalnya saja dari retribusi lapak pedagang angkringan dan retribusi parkir kendaraan," katanya.

Selain itu tambahnya, ada beberapa titik taman kota Tenggarong yang dipakai warga untuk lokasi arena permainan anak-anak diantaranya, penyewaan mobil dan sepeda listrik, balon besar serta trampolin.

"Arena permainan yang menggunakan aset pemerintah sebagai lokasinya itu juga bisa dikelola dengan baik agar menghasilkan PAD, baik dari lahan maupun parkirnya," ujar H Marli.

Aset lainnya lanjut H Marli yakni, sarana olahraga termasuk wisma atlet, dan gedung-gedung lainya, juga bisa dioptimalkan untuk menambah PAD.

"Kita tak bisa bergantung terus menerus dari sumberdaya alam yang tak terbarukan, untuk itu PAD harus ditingkatkan, di antaranya dengan jalan pengoptimalan aset daerah," kata H Marli.     (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016