Penajam (ANTARA Kaltim) - Pembangunan fisik "National Sains Technopark" di Kawasan Industri Buluminung akan dimulai pada 2017, kata Pelaksana tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Puguh Sumitro.

"Pada 2016, pemerintah daerah baru akan meyelesaikan pembebasan lahan yang telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan `National Sains Technopark` itu," kata Puguh Sumitro saat dihubungi di Penajam, Jumat.

Selain melakukan pembebasan lahan yang telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan "National Sains Technopark", pada 2016 Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan menyelesaikan "detail engineering design" (DED) .

"Diperkirakan, baru pada 2017-2018 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) baru akan melaksanakan pembangunan fisik," ujar Puguh Sumitro.

Anggaran pembangunan fisik "National Sains Technopark" lanjut dia, belum bisa diketahui secara pasti sebelum penyusuan DED rampung, dan biaya pembangunan fisik bersumber dari pemerintah pusat.

"Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara hanya mengeluarkan anggaran untuk pembebasan lahan," katanya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tambah Puguh Sumitro, menyediakan lahan sebagai lokasi pembangunan "National Sains Technopark" di KIB seluas 57 hektare dan menyiapkan anggaran pada APBD 2016 sebesar Rp30 miliar.

"Penentuan harga ganti rugi lahan milik warga yang masuk lokasi `National Sains Technopark`, per meternya mengacu pada hasil taksiran dari tim penilai independen atau tim penaksir harga dan ditargetkan pada 2016 lahan itu sudah dibebaskan," kata Puguh Sumitro.       (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015