Balikpapan (ANTARA Kaltim)-  Para tim pelatih dan 128 anak-anak serta remaja peserta pelatihan sepak bola "Coke Kicks" Coca Cola Indonesia menggelar aksi menanam 200 pohon di Samboja Lestari, sebelum mereka berlatih dan bermain di Lapangan Sepak bola Margomulyo.

"Kami menanam pohon buah yang nanti jadi makanan buat orangutan," kata Lee Hawkins, kini instruktur dan pelatih sepak bola usia dini di sela kegiatan tersebut di Samboja Lestari, Kutai Kartanegara, Kaltim, Minggu.

Lee Hawkins merupakan mantan pemain Manchester United yang mendirikan Asian Soccer Academy (ASA), lembaga yang digandeng Coca Cola Indonesia untuk menggelar kegiatan Coke Kicks.

Samboja Lestari adalah kawasan yang dikelola Yayasan Penyelamatan Orangutan Kalimantan (Borneo Orangutan Survival Foundation/BOSF).

Kawasan ini berada dalam lingkungan Desa Margomulyo dan berdekatan dengan sejumlah desa lainnya, yakni Desa Amborawang Darat, Sungai Seluang, Tani Bakti, Karya Merdeka, dan Km 35.

"Para peserta Coke Kicks adalah anak-anak dari desa-desa itu. Beberapa waktu sebelumnya kami berkunjung ke setiap desa untuk mencari anak-anak yang berminat," kata program manajer BOSF drh Agus Irwanto.

Kegiatan menanam pohon juga untuk merayakan dan memeringati Hari Menanam Pohon yang jatuh pada 28 November.

"Selain mengembangkan bakat sepak bola usia 12-17 tahun, kami juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar BOSF, khususnya anak-anak, mengenai lingkungan hidup dan pengenalan habitat orangutan," tutur Spesialis Community Social Responsibility (CSR) Coca Cola Indonesia, Ardhina Zaiza.

Dalam kesempatan itu, anak-anak juga diceritakan berbagai hal tentang orangutan, terutama yang sementara ini dipelihara di Samboja Lestari dan peran orangutan di alam.

"Orangutan itu penyebar biji tanaman dari buah-buahan yang mereka makan. Dengan begitu mereka menjaga keanekaragaman dan kelestarian hutan," jelas drh Agus Irwanto.

Coke Kicks berlangsung selama dua hari pada 28-29 November 2015 di Lapangan Margomulyo di Km 54 Jalan Balikpapan-Handil.

Perusahaan minuman ringan Coca Cola Indonesia menggelar kegiatan tersebut setiap tahun sejak 2011, yang bertujuan mengubah cara main sepak bola anak-anak Indonesia, sehingga mereka kelak dapat bersaing di tingkat profesional.

Ardhina Zaiza menambahkan sampai penyelenggaraan ke-10 di Samboja Lestari, Coke Kicks sudah memberikan pelatihan sepak bola bagi 1.280 anak dan remaja, serta 100 orang pelatih di 10 kota di Indonesia.

"Selain pengembangan kemampuan teknik, kami berharap Coke Kicks juga dapat membangun kekuatan karakter pemain, hal yang juga sangat penting dalam permainan sepak bola," kata Zaiza.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015