Bontang (ANTARA Kaltim) - Komisi I DPRD Kota Bontang akan memanggil Dinas Pemuda dan Olahraga terkait penggunaan anggaran untuk pengiriman atlet ke Kejuaraan Singa Cup di Singapura beberapa waktu lalu, karena sebelumnya tidak pernah dialokasikan dalam APBD 2015.
 
Ketua Komisi I DPRD Bontang Agus Haris saat ditemui di Bontang, Senin, mengatakan pemanggilan itu bertujuan meminta penjelasan Dispora soal kegiatan di luar kesepakatan Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).
 
"Berdasarkan hasil rapat, teman-teman di dewan menyerahkan masalah itu ke Komisi I, sehingga kami berencana memanggil Dispora dalam waktu dekat," kata Agus Haris.

Menurut ia, Komisi I akan meminta penjelasan secara detail terkait sumber pendanaan untuk pengiriman atlet kejuaraan itu, karena  sebelumnya agenda Singa Cup sudah dicoret dalam pembahasan APBD 2015, kendati Dispora sempat mengusulkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar.

Usulan Dispora Bontang ditolak Banggar DPRD Bontang setelah melalui pembahasan yang alot dengan TAPD Pemkot Bontang.
 
"Mayoritas anggota Banggar sepakat untuk mengikutsertakan tim sepak bola usia dini Kota Bontang pada ajang Piala Soeratin, bukan Singa Cup," jelas Agus Haris, politisi dari Partai Gerindra.
 
Komisi I akan menjadwalkan pemanggilan tersebut dan meminta penjelasan secara detail dari Dispora Bontang mengenai pergeseran anggaran itu, sehingga memberangkatkan tim sepak bola ke turnamen Singa Cup di Singapura.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dispora Kota Bontang Bambang Cipto Mulyono menyatakan siap menjelaskan masalah itu, karena instansinya tidak mungkin melaksanakan kegiatan jika tidak tercantum dalam Daftar Penggunaan Anggaran (DPA).

"Mungkin teman-teman di dewan (DPRD Bontang) ada 'miskomunikasi', karena yang jelas kami tidak mungkin pergi kalau tidak ada di perencanaan," ujarnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015