Bontang (ANTARA Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Faisal mengimbau masyarakat untuk menjadikan Hari Agraria sebagai momentum melakukan yang terbaik, khususnya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Faisal saat ditemui baru-baru ini menjelaskan bahwa peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional menjadi momentum pembenahan lingkungan sekitar, karena tanah dan tata ruang merupakan hak dasar setiap warga negara yang sangat berguna dalam kelangsungan hidup dan hajat orang banyak.  

Masih dalam semangat peringatan Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang Nasional, Faisal kembali menuturkan bahwa tanah merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

"Mari kita jadikan Hari Agraria dan Tata Ruang Lingkungan yang lebih baik. Ini merupakan tugas seluruh masyarakat Kaltim tanpa terkecuali, karena lingkungan ini nantinya akan kita wariskan kepada anak cucu kita," katanya

Ia menambahkan UUD 1945 mengamanatkan bahwa tanah harus dipergunakan bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat. Pengelolaan tanah seharusnya tidak boleh menjadi sesuatu yang menyengsarakan dan memiskinkan masyarakat.

Oleh karena itu, Pemkot Bontang bersama seluruh satuan perangkat kerja daerah hendaknya sebagai garda terdepan dalam upaya melindungi tanah dan menata tata ruang secara baik.

Faisal menegaskan bahwa mengawal pembangunan yang berkeadilan dan berkesinambungan juga perlu dengan memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan, sehingga perlu adanya regulasi antar pemerintah yang lebih baik lagi dalam upaya melaksanakan kewajiban pelaksanaan tata ruang pembangunan di Bontang.

Ia mengaku miris dengan dampak secara global di daerah Kaltim yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan. Bahkan tak jarang menimbulkan kerusakan fatal lingkungan secara sporadis.

Menurut ia, Pemkot Bontang segera melakukan upaya antisipasi dan pencegahan kerusakan lingkungan dengan melakukan kegiatan penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori yang dapat mengurangi masalah kerusakan lahan dan lingkungan yang terus terjadi.

"Tak hanya seluruh pemangku kepentingan, saya juga mengimbau kepada masyarakat Kaltim agar lebih menjaga lingkungan sekitar. Jangan menunggu datangnya musibah baru kita sadar. Akan lebih baik jika kita mencegah sedari dini sebelum terjadi," harapnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015