Bontang (ANTARA Kaltim) - Anggota DPRD Kota Bontang, Kalimantan Timur, Sulhan meminta pemerintah kota setempat terus memajukan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini sebagai basis vital pembangunan karakter dan SDM berkualitas.

Sulhan saat dihubungi di Bontang, Minggu, mengatakan PAUD adalah basis pengenalan pendidikan sejak dini yang perlu ditanamkan untuk menciptakan mental dan mengembangkan potensi jati diri kalangan anak.

"Anak-anak sebisa mungkin harus diperkenalkan kepada dunia pendidikan sejak dini agar mereka menjadi manusia berkualitas di kemudian hari," katanya.

Ia meminta Pemkot Bontang terus proaktif dalam mendorong peningkatan PAUD, karena pendidikan sejak dini yang ditanamkan kepada anak akan berdampak positif bagi perkembangan mental dan potensi pengembangan wawasan.

Sulhan mengakui meskipun Taman Kanak-kanak telah hadir di tengah-tengah masyarakat, namun PAUD juga penting sebagai institusi pendidikan perdana bagi seorang anak. PAUD tidak sama dengan TK, tetapi memiliki kualifikasi yang pada dasarnya serupa.

"PAUD berusaha menampung anak-anak yang tidak mampu. Kalau TK kan harus bayar. Pemerintah membuat program PAUD, diharapkan anak-anak tidak mampu bisa mendapat pendidikan. Pendidikan tidak boleh diskriminasi, semua anak berhak mendapat pendidikan yang sama," ujar Sulhan.

Anak-anak merupakan masa depan bangsa dan merupakan bibit penting yang harus senantiasa dibekali agar memperoleh masa depan yang baik, salah satunya adalah lewat pendidikan yang berkualitas, tambahnya.

"Saat ini sudah banyak PAUD di Bontang yang memiliki kualitas baik dan dapat beroperasi sesuai fungsi. Kami berharap pembangunan PAUD dapat dilakukan secara merata di seluruh wilayah Kota Bontang," tambahnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015