Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, telah menetapkan PT Peruri Wira Timur berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, sebagai pemenang tender surat suara untuk pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015.

"Untuk pemenang lelang percetakan surat suara sudah ditetapkan PT Peruri Wira Timur yang berlokasi di Surabaya. Nanti pada 12 November, KPU bersama Panwaslu dan Polres Balikpapan akan diajak melihat proses percetakan surat suara tersebut," kata Komisioner KPU Balikpapan Endang Sulistiyowati di Balikpapan, Senin.

Ia menjelaskan pencetakan surat suara diperkirakan mulai 15 November dan dijadwalkan pada 20 November surat suara sudah dikirim ke kantor KPU Balikpapan.

"Alasan utama ditunjuknya PT Peruri Wira Timur ini, karena merupakan percetakan paling besar dan memiliki mesin paling lengkap di Indonesia," kata Endang.

KPU Balikpapan, tambah Endang, memastikan akan melengkapi surat suara Pilkada 2015 dengan dua jenis pengaman yang sedang dirancang oleh tim, seperti berupa "sticker" hologram dan microtext.

"Harapannya dengan ada dua pengaman khusus tersebut potensi pemalsuan surat suara dapat dicegah," ujarnya.

Pilkada Kota Balikpapan akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2015 bersama delapan daerah lain di Provinsi Kaltim, yakni Kota Samarinda dan Bontang, Kabupaten Paser, Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, dan Berau.

Terdapat tiga pasangan calon yang berebut kursi wali kota dan wawali Balikpapan, masing-masing Rizal Effendi-Rahmad Mas`ud (nomor urut 1), Andi Burhanuddin Solong-Abdul Hakim Rauf (nomor urut 2), dan Heru Bambang-Sirajudin Mahmud. (nomor urut 3).(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015