Bontang (ANTARA Kaltim) - DPRD Kota Bontang menerima kunjungan kerja anggota DPRD Kutai Kartanegara untuk menjajaki peluang kerja sama sektor pertanian dan perikanan kedua daerah di Kalimantan Timur tersebut.

Kedatangan rombongan DPRD Kukar yang dipimpin Wakil Ketua Guntur dan Rudiansyah di Bontang, Kamis (8/10), diterima Ketua DPRD Bontang Kaharuddin Jafar bersama sejumlah pimpinan dan anggotanya.

Kaharuddin Jafar mengemukakan secara teritorial kedua daerah sama-sama mempunyai potensi pengembangan sektor kelautan dan pertanian.

"Bontang punya laut yang luas, begitu pula sebaliknya Kutai Kartanegara mempunyai lahan pertanian yang luas. Ini sangat baik untuk dilakukan kerja sama," katanya.

Ia berharap kerja sama itu dapat direalisasikan dengan segera, mengingat potensi dan hasil sumber daya alam kedua daerah dalam mendukung ketahanan pangan.

"Mungkin dari Pemkab Kutai Kartanegara dapat mendatangkan investor ke Bontang untuk kerja sama di bidang perikanan. Sementara itu, hasil pertanian dari Kutai Kartanegara bisa dipasarkan di Bontang," ujarnya.

Kahar menambahkan Bontang mempunyai potensi hasil perikanan yang cukup besar, bahkan nelayan dari luar daerah, seperti Sulawesi, menjual hasil tangkapannya di Bontang. Namun, potensi pertanian Bontang masih cukup kecil.

Pada pertemuan itu, Kahar sempat menyampaikan aspirasi terkait realisasi pembangunan jalan Samarinda-Bontang yang menggunakan jalur alternatif melalui Marangkayu.

"Pembangunan di sepanjang jalan tersebut kini cukup pesat, karena jalan itu kini ramai digunakan warga Bontang sebagai jalur alternatif jika ingin menuju Samarinda. Sayangnya, kondisi jalan tersebut perlu untuk ditingkatkan, terutama beberapa jembatan yang ada di sepanjang jalan itu," tambahnya.

Pemandangan di sepanjang jalan itu sangat indah karena melewati areal  persawahan, sehingga warga Bontang banyak memilih jalur alternatif tersebut.

"Namun, ada delapan jembatan yang dilewati jika menggunakan jalur itu, kondisinya perlu perbaikan. Kami berharap teman-teman dari DPRD Kutai Kartanegara dapat menindaklanjuti usulan ini," kata Kaharuddin.

Anggota Komisi III DPRD Bontang Suhut Harianto menambahkan potensi lain yang bisa digarap Pemkab Kutai Kartanegara adalah keindahan Pantai Kersik Marangkayu sebagai kawasan objek wisata. Jika dimaksimalkan, kawasan itu bisa menambah pendapatan kedua daerah.

"Pantainya sangat bagus, warga Bontang banyak yang berkunjung ke sana kalau akhir pekan. Kami rasa ini bisa difungsikan mengingat potensi pantai pasir putihnya yang indah dan bersih," ujarnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015