Samarinda (ANTARA News) — Pemkot Samarinda melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Samarinda kini diharapkan bisa mengatasi persoalan akibat kekawaranan kebakaran di daerah itu, yakni dengan adanya bantuan mobil Damkar tangga hidrolik dari Pemprov Kaltim.

Hal ini terlihat dengan dilaksanakannya peragaan penggunaan mobil pemadam kebakaran tangga hidrolik bantuan Pemprop Kaltim oleh petugas pemadam BPBPK di halaman parkir GOR Segiri, Selasa (23/2).

“Hari ini kita melaksanakan peragaan oleh petugas yang memang terlatih mengoperasikan mobil pemadam tangga hidrolik ini. Disamping kita juga mengetes, siapa tahu ada bagian peralatan yang tidak berfungsi, jadi bisa segera ditangani,” ujar kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran BPBPK Samarinda Makmun AN kepada wartawan di lokasi.

Makmun mengemukakan untuk mengoperasikan ini tidak sembarangan petugas, dimana mereka terlebih dahulu diberi pelatihan.

“Untuk mengoperasikan ini, kita sudah melatih dan mengirim petugas kita ke Jakarta. Tujuan agar para petugas yang menggunakan kedua mobil ini tidak menemui kendala di lapangan dan bisa awet penggunaannya. Setelah mereka menerima ilmu di Jakarta, nantinya secara pelan-pelan bisa mentransfer ilmu yang didapat kepada rekan-rekannya,” ucap Makmun.

Makmur menjelaskan pula dengan menggunakan mobil ini tentunya lebih memudahkan jangkauan dan mempercepat petugas dalam memadamkan api di lokasi kebakaran.

Tapi kendalanya, ungkap Makmun tidak semua lokasi kebakaran bisa dijangkau dengan mobil ini, apalagi mobil ini untuk parkirnya selain memerlukan tempat yang luas juga tanahnya harus rata.

Disamping itu, Makmun mengharapkan dukungan warga ketika ada musibah kebakaran juga tidak menambah masalah bagi petugas saat berlangsungnya proses pemadaman.

 

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010